Rauhanda Riyantama
Steven Gerrard saat masih bela Liverpool pada tahun 2009 (Adrian Dennis/AFP)

Bolatimes.com - Masa depan Jurgen Klopp di Liverpool akan rampung Juni 2024. Memang masih lama, tapi tak ada yang menjamin bahwa keduanya akan kembali mengikat kerja sama.

Sebab, dalam beberapa pekan belakangan, Klopp diisukan akan melatih Barcelona. Menurut laporan Mirror, Blaugrana berencana akan meminang Klopp musim depan.

Jika betul Klopp akan angkat koper dari Liverpool, siapakah kandidat penggantinya? Berikut Bolatimes rangkum untuk Anda:

Baca Juga:
Kualifikasi Piala Asia U-23: Indonesia Kalah Tipis Atas Australia

1. Ernesto Valverde

Valverde memang tak sedang melatih klub manapun saat ini. Usai membawa Barcelona juara La Liga pada 2020 lalu, dirinya kini menganggur.

Bila Liverpool ingin menggunakan jasa Valverde, tak ada salahnya. Sebab, pelatih berusia 57 tahun ini dikenal bertangan dingin.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Kalahkan PSIS Semarang, Persib Naik ke Puncak Klasemen

Beberapa klub yang pernah diasuhnya rata-rata merengkuh gelar juara. Sebut saja Barcelona di La Liga, Athletic Bilbao di Piala Super Spanyol, dan membawa Olympiakos juara Liga Yunani.

2. Erik Ten Hag

Klopp dikenal sebagai pelatih yang gemar mengedepankan sepak bola menyerang. Bila mencari penggantinya, Ten Hag mungkin saja nama terdepan.

Baca Juga:
Momen Berkelas Ernando Gagalkan Tendangan Penalti Australia

Penampilan Ten Hag dalam melatih bisa dilihat saat membawa Ajax Amsterdam gemilang di Liga Champions 2018/19. Ketika itu, dirinya sukses menembus babak semifinal sebelum dikalahkan oleh Tottenham Hotspur.

3. Ralf Rangnick

Jika Liverpool masih ingin mencari pelatih asal Jerman, Ralf Rangnick mungkin bisa jadi salah satu opsi. Untuk urusan pengalaman, sosok 63 tahun ini tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga:
Susunan Pemain Indonesia Vs Australia: Bagus Kahfi & Hanis Saghara Starter

Beberapa klub pernah ia tangani. Melatih sejak 1983, total Rangnick sudah membesut 13 tim dan salah satunya membawa RB Leipzig bersaing di papan atas Bundesliga.

4. Xabi Alonso

Salah satu yang bisa dijadikan opsi adalah Xabi Alonso. Pria yang barusan disebutkan ini adalah salah satu pilar Liverpool saat masih menjadi pemain sepak bola.

Bicara pengalaman, Alonso memang belum setenar pelatih-pelatih di atas. Hanya, saat membesut Real Sociedad B, dirinya sukses membawa tim tersebut mentas ke Segunda Divisi alias level kedua sepak bola Spanyol.

Alonso bahkan pernah menyatakan akan melatih Liverpool beberapa waktu lalu. Dia bilang, bahwa fan Liverpool masih memberi hormat padanya dan itu amat berarti buatnya.

5. Steven Gerrard

Nama terakhir yang mungkin saja jadi kandidat pengganti Klopp adalah Gerrard. Bukan tak mungkin lantaran ia sudah menjadi legenda di Anfield.

Atribut Gerrard untuk melatih juga terbilang komplet. Satu, dia tahu seluk beluk Liverpool dan kedua, dirinya membawa Glasgow Rangers juara Liga Skotlandia 2020-2021, sekaligus menghentikan dominasi Glasgow Celtic yang berlangsung selama sembilan musim.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More