Rauhanda Riyantama
Aksi Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kemenangan Australia pada leg pertama Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022. Dalam laga yang digelar di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB, skuat Garuda Muda kalah tipis 2-3.

Sejak dimulainya pertandingan, Indonesia terus mendapat tekanan dari pemain Australia. Australia berupaya mengincar gol cepat untuk mengamankan kemenangan.

Australia berpeluang mencetak gol pada menit keempat melalui titik penalti. Untungnya Ernando Ari dengan ciamik bisa mematahkan tendangan Patrick Wood.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Kalahkan PSIS Semarang, Persib Naik ke Puncak Klasemen

Sepuluh menit pertama Timnas Indonesia U-23 terus ditekan Australia. Beruntung, skuad Garuda Muda masih bisa menggagalkan peluang-peluang yang didapat tim asuhan Trevor Morgan tersebut.

Memasuki menit ke-20 masih belum ada gol yang tercipta. Timnas Indonesia U-23 terus ditekan Australia yang memaksa Ernando Ari jatuh bangun.

Timnas Indonesia U-23 terus mencoba membuka ruang dari segala lini untuk melakukan serangan. Akan tetapi kokohnya pertahanan Australia membuat Indonesia belum mendapat peluang yang berpotensi menjadi gol hingga turun minum.

Baca Juga:
Momen Berkelas Ernando Gagalkan Tendangan Penalti Australia

Ernando Ari bermain sangat luar biasa bisa dikatakan sebagai aktor keberhasilan Garuda Muda dalam menahan Australia di babak pertama.

Aksi Bagus Kahfi saat Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021) malam WIB. (Dok. PSSI)

Memasuki awal babak kedua, Australia tetap mendominasi permainan. Tekanan yang dilancarkan bertubi-tubi tersebut akhirnya membuat pertahanan Timnas Indonesia runtuh.

Gol Australia tercipta di menit 52. Berawal dari tendangan bebas, Marc Tokich yang tidak terkawal berhasil memperdayai Ernando Ari dengan tandukkannya. Skor 0-1 untuk Australia.

Baca Juga:
Susunan Pemain Indonesia Vs Australia: Bagus Kahfi & Hanis Saghara Starter

Enam menit berselang, gawang Indonesia kembali bergetar. Memanfaatkan kelengahan barisan belakang Garuda Muda, Patrick Wood yang tidak terkawal sukses menggandakan keunggulan Australia menjadi 0-2.

Unggul dua gol, Australia mengendurkan serangan. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk memangkas jarak.

Tim Merah Putih berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit 66. Witan Sulaeman mencetak gol indah dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau kiper Australia.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: PSM Ditahan Imbang 0-0 Tira Persikabo

Namun di menit 76, Australia kembali menjauh. Jacob Italiano melepaskan tendangan dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke dalam gawang dan membuat skor 3-1.

Timnas U-23 berhasil memperkecil skor menjadi 3-2 di menit 84. Pemain pengganti Taufik Hidayat mencetak gol usai memanfaatkan kesalahan kiper Australia. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.

Kekalahan ini belum menutup peluang Indonesia untuk tampil di Piala Asia U-23 tahun depan. Syaratnya, Garuda Muda harus memenangi laga leg kedua yang akan digelar 29 Oktober mendatang.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-23: Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Gunansar Mandoen, Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek; Hanis Saghara, Bagus Kahfi.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Australia U-23: Nicholas Suman; Jordan Perkins, Jordan Bos, Lewis Miller, Marc Tokich, Fabian Monge, Luke Duzel, Jacob Italiano, Lachlan Brook, Patrick Wood, Adisu Bayew.

Pelatih: Trevor Morgan.

Load More