Irwan Febri Rialdi
Riley McGree. (Dok. A-League)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 wajib mengantisipasi sederet pemain berkualitas yang memperkuat timnas Australia U-23.

Sebab, saat timnas Indonesia U-23 berjumpa pada babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, timnas Australia U-23 memiliki sejumlah pemain yang kini tengah berkarier di Liga Inggris.

Pemain-pemain ini telah bermain di kompetisi Liga Inggris meskipun usia mereka masih terhitung muda. Tentu, pengalaman ini sangat berharga bagi si pemain saat tampil bersama tim nasional.

Baca Juga:
Profil Lucas Hernandez, Bek Timnas Prancis yang Dihukum Penjara karena KDRT

Timnas Australia U-23 memang menjadi satu-satunya lawan yang akan dihadapi anak asuh Shin Tae-yong pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Sebab, dua kontestan lain yang tergabung di Grup G, yakni China dan Brunei Darussalam, telah memutuskan untuk mengundurkan diri.

Tentu, satu-satunya kesempatan bagi anak asuh Shin Tae-yong untuk lolos ke putaran final ialah membekuk Australia.

Baca Juga:
Profil Sarah Ahmad, Selebgram Blasteran Arab yang Dilamar Nurhidayat

Namun, ambisi itu bakal dihadapkan pada tantangan yang cukup berat, mengingat kualitas pemain-pemain timnas Australia U-23 yang kini berkarier di Liga Inggris.

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat pemain timnas Australia U-23 yang kini berkarier di Liga Inggris.

1. Riley McGree

Baca Juga:
Reaksi FC Utrecht usai Bagus Kahfi Dipanggil Timnas Indonesia U-23

Di sektor lini serang, timnas Australia U-23 memiliki satu pemain yang cukup mumpuni untuk memainkan posisi gelandang serang.

Sosok tersebut yakni Riley McGree. Pemain berusia 22 tahun itu saat ini tercatat tengah meniti kariernya di Liga Inggris bersama Birmingham City.

Sebelumnya, dia dilepas oleh klub Major League Soccer (MLS) ke Birmingham dengan status pinjaman.

Baca Juga:
Pencetak Gol Internasional Terbanyak di 2021, Tak Ada Lionel Messi

McGree telah menjadi andalan timnas Australia sejak di kelompok usia U-17. Kini, selain bermain untuk timnas U-23, mantan pemain Adelaide United itu juga tampil bersama timnas senior.

Pada tahun ini, McGree juga tampil bersama skuad yang diterjunkan pada ajang Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, debutnya di timnas senior telah tercipta pada 22 Juli 2021. Ketika itu, dia bermain sebagai pemain pengganti ketika Australia menang 3-0 dari Kuwait pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

2. Jay Rich-Baghuelou

Di sektor jantung pertahanan, timnas Australia U-23 memiliki sosok bek tengah yang tangguh, yakni Jay Rich-Baghuelou.

Saat ini, bek berusia 21 tahun itu tercatat sebagai penggawa Crystal Palace U-23 setelah sebelumnya sempat memperkuat sederet klub Inggris lain.

Beberapa klub yang pernah diperkuat Jay ialah Welling United dan Dulwich Hamlet. Sebelum meniti karier di Inggris, pemain berpostur 196 cm itu sempat menimba ilmu bersama klub Australia, Gold Coast City FC.

Di timnas Australia U-23, ia menjadi bagian dari skuad yang diterjunkan pada ajang Olimpiade Tokyo 2020. Debut pertamanya bersama timnas tercipta pada 28 Juli 2021.

3. Harry Souttar

Selain Jay Rich-Baghuelou, sektor pertahanan timnas Australia U-23 juga diperkuat pemain lain yang juga tengah berkarier di Liga Inggris.

Sosok yang dimaksud ialah Harry Souttar. Bek tengah kelahiran Skotlandia ini juga memiliki kewarganegaraan Australia.

Meski sebelumnya sempat bermain untuk timnas Skotlandia U-17 dan U-19, tetapi bek berusia 22 tahun itu memilih memperkuat Australia sejak 2019.

Bahkan, di usianya yang masih muda, Harry Souttar juga telah menjadi bek andalan timnas Australia di kelompok usia senior.

Yang terakhir, pemain berpostur 198 cm itu tercatat sebagai pemain Stoke City. Dia sudah bergabung sejak pertengahan tahun 2020 seusai direkrut dari Fleetwood

4. Caleb Watts

Caleb Watts merupakan pesepak bola berpaspor Australia yang kini tengah meniti kariernya di Liga Inggris.

Caleb Watts tercatat sebagai pemain binaan akademi Queen Park Rangers. Setelah itu, dia berpindah ke tim junior Southampton pada 2018.

Setelah tiga tahun menimba ilmu, gelandang kelahiran 16 Januari 2002 itu akhirnya mendapat kesempatan promosi ke tim utama Southampton.

Kontrak profesionalnya pertama kali didapatkan pada Juli 2019. Namun, debutnya baru tercatat pada 19 Januari 2021.

Saat itu, Watts mencatatkan laga pertamanya ketika Southampton berjumpa Shrewsbury Town pada ajang FA Cup.

Sebelumnya, pemain berusia 19 tahun ini sudah tampil reguler bersama timnas Australia U-17. Pada tahun 2021, ia dipromosikan pelatih ke timnas U-23.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More