Rauhanda Riyantama
Pemain Sheriff Tiraspol Sebastien Thill saat menaklukkan Real Madrid di Liga Champions, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. (AFP/Javier Soriano)

Bolatimes.com - Gelandang Sheriff Tiraspol, Sebastien Thill, menjadi bintang kemenangan timnya saat berjumpa Real Madrid pada matchday kedua babak penyisihan grup Liga Champions 2021/2022.

Sebastien Thill sukses mencetak gol kemenangan untuk Sheriff Tiraspol setelah sempat ditahan imbang oleh Real Madrid dalam duel yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB.

Awalnya, Sheriff Tiraspol sempat unggul terlebih dahulu pada menit ke-25 lewat aksi Jasurbek Yakhshiboev. Los Blancos pun sukses membalas lewat eksekusi penalti Karim Benzema saat pertandingan memasuki menit ke-65’.

Baca Juga:
Fakta Menarik Sheriff Tiraspol, Klub Semenjana yang Buat Real Madrid Merana

Namun, menjelang akhir pertandingan, atau tepatnya pada menit ke-89, Sebastien Thill sukses mengoyak jala gawang Real Madrid dan memastikan timnya meraup poin penuh di kandang lawan.

Dengan satu golnya tersebut, Sebastien Thill sukses membawa Sheriff Tiraspol memuncaki klasemen sementara Grup D dengan meraup enam poin.

Ini menjadi kemenangan kedua bagi klub asal Moldova itu pada babak penyisihan grup. Pada matchday sebelumnya, mereka sukses menghajar Shakhtar Donetsk dua gol tanpa balas.

Baca Juga:
Sheriff Tiraspol Bantai Real Madrid, Tato Sebastien Thill Jadi Perhatian

Profil Sebastien Thill

Sebastien Thill merupakan gelandang kelahiran Luxemburg, 29 Desember 1993. Saat ini, dia berstatus sebagai pemain Sheriff Tiraspol yang dipinjam dari Progres Niederkorn.

Karier profesionalnya bermula pada tahun 2009 saat bermain bersama CS Petange di kompetisi domestik Luxemburg. Di sana, ia bermain hingga tahun 2012.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Barcelona, Juventus, dan Man United Main

Kemudian, ia memutuskan pindah ke Progres Niederkorn.  Bersama klub ini, Thill sempat mencatatkan debut di ajang Eropa saat timnya bermain menghadapi Shamrock Rovers pada babak kualifikasi UEFA National League 2015/2016.

Dua tahun berselang, yakni pada babak kualifikasi Liga Eropa 2017/2018, Thill mencatatkan gol debutnya di Eropa. Saat itu, timnya sukses menang melawan wakil Skotlandia, Rangers FC dengan agregat 2-1.

Sebastien Thill sempat menjalani masa peminjaman selama satu musim bersama klub Rusia, FC Tambov, pada tahun 2020. 

Baca Juga:
Persis Solo Kalahkan AHHA PS Pati, Erick Thohir Kasih Kejutan ke Kaesang

Beberapa bulan berselang, Sheriff Tiraspol bergantian menggunakan jasa Sebastien Thill dari Progres Niedercom dengan masa peminjaman selama 1,5 musim.

Bersama tim barunya itu pula, Sebastien Thill sukses mewujudkan mimpinya untuk tampil di ajang Liga Champions.

Bahkan, pemain timnas Luxemburg ini juga mencatatkan gol pertamanya di Liga Champions saat bertandang ke markas Real Madrid pada matchday kedua Grup D.

Dengan golnya tersebut, pemain berusia 27 tahun ini tercatat sebagai pesepak bola Luxemburg pertama dalam sejarah yang mencetak gol di pentas Liga Champions.

Sebetulnya, Sebastien Thill tak menyangka bahwa timnya mampu meraih kemenangan melawan klub sebesar Real Madrid.

Bahkan, ia juga masih belum mempercayai bahwa dirinya mampu menjebol gawang Real Madrid. Terlebih, gol itu dicetak di Santiago Bernabeu.

“Kami sangat bahagia. Kami bermain dengan sangat baik. Tim ini bermain dengan sangat berani sungguh beruntung saya dapat mencetak gol yang mengejutkan,” kata Thill, dikutip dari laman resmi UEFA.

Bagi gelandang timnas Luxemburg ini, satu-satunya gol yang bersarang di gawang Real Madrid itu bakal menjadi kenangan indah sepanjang hidupnya.

Sebab, bagaimanapun juga, itu adalah sejarah serta pencapaian tersendiri yang pernah diukir dalam kariernya sebagai pesepak bola.

“Ini merupakan gol terbaik dan paling penting sepanjang karier saya di dunia sepak bola. Hal itu sudah pasti,” katanya.

“Kami akan menghadapi pertandingan secara bertahap. Grup ini sangat berat dan kami akan mengerahkan seluruh kekuatan yang kami miliki,” pungkas Sebastien Thill.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More