Rauhanda Riyantama
Eldor Shomurodov, pemain asal Uzbekistan yang kini berseragam AS Roma. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Bolatimes.com - Eldor Shomurodov mejadi salah satu pilar AS Roma musim ini. Namun siapa sangka, pemain asal Uzbekistan ini punya sejarah berlaga dengan Timnas Indonesia.

Pada 2014, Eldor merupakan salah satu pemain Timnas Uzbekistan yang mentas di Piala Asia U-19. Tergabung di Grup B, dia dan para rekan-rekannya menumbangkan Garuda Nusantara dengan skor 3-1.

Tujuh tahun berlalu, karier Eldor semakin menanjak. Buktinya, ia kini bermain bersama salah satu raksasa Italia, AS Roma.

Baca Juga:
Kisah Eks Arsenal yang Dikartu Merah Gegara Wasit Salah Dengar Nama

Jalan Karier Eldor

Karier profesional Eldor dimulai dengan bergabungnya ia dengan Mash’al Mubarek. Ia berstatus sebagai pemain promosi dari tim U-21 pada 1 Januari 2014.

Tiga tahun sebelumnya, ia sudah bermain bersama tim muda Mash’al Mubarek. Setelah menimba ilmu, akhirnya Shomurodov berhasil naik kelas ke tim utama.

Baca Juga:
Cerita Wanita Filipina yang Mendapatkan Kemurahan Hati Thomas Tuchel

Eldor nenjalani debutnya bersama tim yang berkompetisi di level tertinggi Liga Uzbekistan itu terjadi pada 12 April 2014 saat melawan Olmaliq.

Selama musim itu, penain kelahiran 1995 itu mencatatkan sembilan penampilan bersama Mash’al Mubarek. Saat itu, usianya masih terbilang muda, 19 tahun.

Satu musim berselang, Eldor mendapat tawaran uuntuk bergabung bersama Bunyodkor pada 2015. Pada musim pertamanya bersama Bunyodkor, ia mentas sebanyak19 pertandingan dan menyumbang sembilan gol di seluruh lintas kompetisi.

Baca Juga:
Gara-gara Stadion Sepi, Pep Guardiola dan Fan Manchester City Cekcok

Setelah puas bermain di kompetisi domestik, tawaran dari luar negeri  datang. Tim pertama yang disinggahi Shomurodov ialah FC Rostov, klub yang berkompetisi di level tertinggi Liga Rusia. Kesepakatan kontrak itu terjadi pada 15 Juli 2017.

Setelah tiga tahun malang melintang di Rusia bersama FC Rostov, karier Shomurodov semakin melesat. Dirinya kemudian merantau ke negara lain.

Striker Genoa asal Uzbekistan Eldor Shomurodov berebut bola dengan pemain AC Milan. (AFP_

Adalah Liga Italia yang menjadi pelabuhan barunya. Eldor bergabung dengan Genoa. Pada musim pertamanya bersama Genoa, Eldor tampil sebanyak 32 pertandingan dengan catatan delapan gol dan dua assist.

Baca Juga:
Megah! Lionel Messi Akan Beli Rumah Seharga Rp803 M Berfasilitas 30 Kamar

Berkat catatan itu mengantarkan dirinya ke AS Roma. Klub Ibu Kota ini merekrut Eldor dan telah diresmikan pada awal Agustus 2021.

Eldor yang baru berusia 26 tahun ini mendapatkan kontrak jangka panjang hingga 2026. Il Lupi rela merigoh kocek dalam sebesar 17,5 juta euro. Dengan demikian Eldor akan menjalani hari-harinya selama lima tahun.

Saat ini, Eldor Shomurodov juga tercatat sebagai penyerang andalan timnas Uzbekistan. Ia sudah membukukan 21 gol selama 44 penampilannya.

Kontributor: Kusuma Alan
Load More