Rauhanda Riyantama
Aksi penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, saat mencetak gol ke gawang Manchester City. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Nama Christopher Nkunku menjadi perbincangan usai mencetak hattrick alias tri gol di laga Manchester City vs RB Leipzig, Kamis (16/9/21).

Di laga perdana grup A Liga Champions antara Manchester City vs RB Leipzig di Etihad Stadium (16/9/21), terjadi drama hujan gol sepanjang 90 menit laga.

Total 9 gol diciptakan oleh kedua tim di mana Man City menjadi pemenangnya karena berhasil mencetak 6 gol dan RB Leipzig hanya mencetak 3 gol.

Baca Juga:
Profil Ragnar Oratmangoen, Winger Muslim Eredivisie yang Mau Bela Timnas

6 gol Man City dicetak oleh 6 pemain berbeda, yakni Nathan Ake, gol bunuh diri Nordi Mukiele, Riyad Mahrez, Jack Grealish, John Stones, dan Gabriel Jesus.

Sedangkan 3 gol RB Leipzig ke gawang Manchester City seluruhnya hanya dicetak oleh satu orang saja, yakni Christopher Nkunku.

Pemain berusia 23 tahun ini mencetak tiga gol untuk RB Leipzig masing-masing pada menit ke-42, menit ke-51, dan menit ke-73.

Baca Juga:
Zulham Zamrun Diminta Tes Urin usai Bikin Gaduh Lagi di Medsos

Meski timnya kalah, Nkunku tetap mendapat penghargaan Man of the Match dari UEFA berkat hattrick-nya ke gawang finalis Liga Champions musim lalu tersebut.

Di balik hattrick fenomenal Nkunku ini, terdapat 6 fakta menarik yang menghiasi pencapaiannya tersebut. Berikut rangkumannya.

1. Pencetak Hattrick Pertama RB Leipzig di Liga Champions

Baca Juga:
Keras! Laga Perdana Fase Grup Liga Champions Dihiasi dengan 6 Kartu Merah

3 Gol yang Nkunku buat ke gawang Man City membuat namanya masuk dalam sejarah sebagai pemain RB Leipzig pertama yang mencetak hattrick di Liga Champions.

RB Leipzig sendiri tergolong baru di kompetisi teratas ini. Pertama kali Die Roten Bullen berpartisipasi di Liga Champions terjadi pada musim 2017/18.

2. Hattrick Perdana dalam Karier Profesional

Baca Juga:
Salazar Diskors 4 Tahun karena Doping dan Dilarang Melatih Seumur Hidup

Hattrick-nya ke gawang Man City ternyata menjadi Hattrick pertama Nkunku dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Nkunku bukanlah pemain yang akrab dengan gol mengingat posisinya sebagai gelandang. Sehingga, Hattrick pertamanya baru bisa ia dapatkan sejak menembus sepak bola profesional pada musim 2015/16 silam.

3. Samai Torehan Messi

Hattrick Nkunku ke gawang Man City membuatnya menyamai torehan dari mega bintang Paris Saint-Germain, Lionel Messi.

Torehan Messi yang ia samai yakni sebagai pemain yang mampu mencetak hattrick ke gawang Man City di pentas Liga Champions.

4. Samai Torehan Messi dan Vardy

Untuk fakta nomor 4 ini, Nkunku berhasil menyamai catatan Messi dan Jamie Vardy sebagai pemain yang pernah mencetak hattrick ke gawang tim asuhan Pep Guardiola.

Messi diketahui mencetak Hattrick ke gawang tim asuhan Guardiola sebanyak 1 kali, lalu Jamie Vardy sebanyak 2 kali dan terakhir Nkunku sebanyak 1 kali.

5. Melanjutkan Tradisi Hattrick Pemain Prancis di Liga Champions

Berkat Hattrick-nya itu, Nkunku menjadi pemain Prancis ke-12 yang berhasil mencetak 3 gol dalam satu laga di Liga Champions sejak bergulir dengan format baru pada musim 1992/93.

Nkunku mengikuti jejak Franck Sauzee, Thierry Henry, Sylvain Wiltord, Andre Pierre-Gignac, Karim Benzema, Bafetimbi Gomis, Olivier Giroud, Wissam Ben Yedder, Layvin Kurzawa, Kylian Mbappe, dan Alassane Plea.

6. Pencetak Hattrick saat Timnya Kalah

Meski RB Leipzig tumbang, Nkunku tetap masuk daftar elite di Liga Champions sebagai pemain yang mencetak Hattrick saat timnya kalah.

Dalam daftar ini, Nkunku mengikuti jejak Ronaldo Nazario  kala Real Madrid takluk dari Manchester United pada 2003, Gareth Bale saat Tottenham Hotspur tumbang dari Inter Milan pada 2010 dan Irfan Kahveci saat Istanbul Basaksehir kalah dari RB Leipzig pada 2020.

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More