Rauhanda Riyantama
Alireza Jahanbakhsh saat bermain untuk Brighton & Hove Albion. (TIM KEETON / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Striker Feyenoord asal Iran, Alireza Jahanbakhsh dipaksa absen di kompetisi UEFA bertajuk Liga Konferensi Eropa, saat timnya berjumpa klub Israel, Maccabi Haifa.

Alireza Jahanbakhsh menjadi korban politik dari konflik Iran dan Israel. Feyenoord sebagai klub yang menaunginya juga harus mengambil tindakan meski merugi.

Feyenoord bakal menjalani laga partai tandang dalam kompetisi Liga Konferensi Eropa dengan melawat ke markas Maccabi Haifa.

Baca Juga:
Gabung Agensi Malaysia, Kadek Agung Akan Barkarier di Luar Negeri?

Pertandingan laga perdana Grup E itu digelar pada Selasa (14/9/2021) itu digelar di Stadion Sammy Ofer, Haifa dan berakhir dengan skor 0-0.

Di balik hasil imbang itu, ternyata ada satu pemain Feyenoord yang harus memendam kecewa karena dipaksa absen dan tidak ikut bertanding.

Alireza Jahanbakhsh menjadi korban kepentingan politik Iran yang melarang setiap atletnya berkompetisi melawan para atlet Israel.

Baca Juga:
4 Pemain Muda yang Sukses Bersinar pada Awal Liga 1 2021

Jika jebolan klub Liga Inggris, Brighton & Hove Albion itu nekat bermain di laga Feyenoord melawan Maccabi maka Alireza Jahanbakhsh terancam tidak bisa membela Timnas Iran.

Karena itulah, klub asal Belanda itu tidak mau membuat pemainnya dalam masalah dan memilih untuk mengambil keputusan yang secara langsung merugikan mereka.

"Feyenoord memutuskan untuk tidak membawa sang pemain dalam pertandingan melawan Maccabi Haifa," bunyi pernyataan Feyenoord.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik di Balik Kekalahan Manchester United dari Young Boys

"Klub ingin mencegah pemain Iran itu dilarang bermain untuk tim nasional di masa depan. Itu merupakan konsekuensi atlet Iran jika bertemu atlet Israel.''

"Alireza Jahanbakhsh juga bakal dikeluarkan dari skuat karena alasan ini untuk pertandingan kandang melawan Maccabi Haifa." imbuhnya

Tak sampai disitu, laporan De Telegraf juga membeberkan satu hal lain yang menjadi ancaman nyata Jahanbakhsh jika nekat pergi ke Israel.

Baca Juga:
Kumpulan Komentar Kocak usai Man United Kalah dari Young Boys

Sang pemain bakal dilarang masuk ke Iran apabila di dalam paspornya terdapat cap Israel sebagai konsekuensi aturan yang dibuat negaranya.

Kondisi ini bukan kali pertama yang dialami Alireza Jahanbakhsh saat membela klub Belanda, hal yang sama dialami sebelumnya saat bersama AZ Alkmaar.

Kala itu Alireza Jahanbakhsh tidak diikutsertakan klub dalam dua pertandingan penyisihan grup Liga Europa melawan Maccabi Tel Aviv.

Kontributor: Eko
Load More