Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Eric Djemba Djemba saat berseragam Manchester United. (JIM WATSON / AFP)

Bolatimes.com - Eks gelandang Persebaya, Eric Djemba Djemba, memang pernah berseragam Manchester United dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional. Sadarkah ternyata Djemba Djemba melakukan debut di Manchester United bersama bintang ternama Cristiano Ronaldo.

Eric Djemba Djemba didatangkan Manchester United pada Juli 2003 dari Nantes. Tak lama berselang klub berjuluk Setan Merah itu merekrut Ronaldo dari Sportin Lisbon pada Agustus 2003.

Sama-sama pemain baru di Manchester United, Djemba Djemba dan Ronaldo pun berteman. Pemain berpaspor Kamerun itu kerap pergi ke tempat latihan bersama Ronaldo.

Baca Juga:
5 Pelanggaran Horor di Sepak Bola Indonesia, Ada Tendangan Kung Fu Bek AHHA

"Setiap hari, dia datang lebih dulu sehingga dia bisa ke gym sebelum berlatih. Atau sebelum berkatih dia akan pergi ke gum lagi," cerita Djemba Djemba dikutip dari The Sun pada Sabtu (11/9/2021).

"Kadang-kadang saya akan mengatakan 'Cristiano ayo pulang', karena terkadang kami berkendara bersama untuk berlatih. Saya akan menyetir atau bergantian dia yang akan mengantar saya," imbuhnya.

Bukan hanya latihan bersama, mereka juga menjalin pertemanan dengan nongkrong bareng. Apalagi Djemba Djemba dan Ronaldo juga melakukan debut bareng. Saat itu, Manchester United menghadapi Bolton Wanderers.

Baca Juga:
Kenalin Ylon Louise, WAGs Persib Bandung Asal Belanda Kekasih Ezra Walian

Eric Djemba Djemba dan Cristiano Ronaldo di Manchester United. (The Sun)

"Cristiano dan saya melakukan debut bersama melawan Bolton. Saat itu saya tidak tahu apa yang terjadi di masa depan, tapi saya bangga melakukan debut bersamanya."

"Kami duduk bersama di bangku cadangan, dia menonton serta berbicara soal pertandingan, kami tertawa. Kemudian Sir Alex Ferguson berkata 'Eric, Cristiano lakukan pemanasan.' kemudian kami masuk bersama. Dia hanya ingin bermain sepak bola setiap menitnya," kenang Djemba-Djemba.

Meski melakukan debut bareng, nasib Ronaldo dan Djemba Djemba bak langit dan bumi. Pasalnya, Ronaldo bersinar bareng The Red Devils, sedangkan Djemba Djemba malah terbuang.

Baca Juga:
Luruskan Kabar Khuwailid Mustafa Tolak Timnas, Ini Penjelasan Nova Arianto

Menilik rekam jejaknya dari situs Transfermarkt, Djemba Djemba kerap ganta ganti klub di berbagai negara. Bahkan pada 2015 lalu, dia sempat berseragam Persebaya walau dalam periode yang sebentar karena adanya pembekuan kompetisi di Tanah Air.

Kini, Djemba Djemba sendiri baru memutuskan pensiun dari sepa bola di usianya yang sudah menginjak 40 tahun. Sementara Ronaldo akhirnya kembali lagi ke Manchester United setelah berkelana ke Real Madrid dan Juventus.

Djemba Djemba pun mendukung waktu kedua Ronaldo di Manchester United. Ronaldo punya kans besar untuk menjalani debut keduanya ketika Setan Merah menghadapi Newcastle United pada pekan ke-4 Premier League, Sabtu (11/9/2021) pukul 21.00 WIB.

Baca Juga:
Bikin Ulah, Profil Wikipedia Zulham Zamrun Diedit Jadi Pemain Tarkam

Load More