Rauhanda Riyantama
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes melakukan selebrasi setelah mencetak gol pembuka timnya saat menghadapi Leeds United dalam matchday pertama Liga Inggris 2021/2022 di Old Trafford, Sabtu (14/8/2021).[AFP Photo]

Bolatimes.com - Klub-klub kontestan Liga Inggris memang tak jarang memberikan gaji selangit kepada pemain-pemain bintangnya.

Bagaimanapun juga, pemain-pemain bintang ini menjadi kebutuhan khusus bagi klub Liga Inggris untuk mampu bersaing.

Sebab, kompetisi Negeri Ratu Elizabeth menjadi salah satu liga di Eropa yang selalu menyajikan persaingan ketat.

Baca Juga:
Profil FK Senica, Klub Liga Slovakia yang Jadi Tujuan Egy Maulana Vikri

Salah satu cara bersaing dengan kontestan lain ialah menggunakan jasa pemain bintang. Kontribusi mereka diharapkan mampu mendongkrak performa tim.

Di sisi lain, pemain-pemain bintang tersebut juga menuntut gaji yang tak kecil. Bahkan, jika ditotal, sejumlah klub Liga Inggris harus mengeluarkan dana melimpah untuk membayar seluruh pemainnya.

Dilansir dari Madaboutepl, Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar lima klub Liga Inggris yang memiliki beban gaji tertinggi.

Baca Juga:
Dicap Tajir Melintir, Barang Bersejarah Atlet Ini Terjual Rp 5,7 Miliar

5. Arsenal

Striker Arsenal asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang bereaksi terhadap gol ketiga City selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester City vs Arsenal di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 28 Agustus 2021. Oli SCARFF / AFP

Meskipun tak mampu meraih prestasi terbaik di Liga Inggris, ataupun hanya sekedar bersaing di jalur perburuan gelar juara, Arsenal tetap menjadi tim yang terhitung boros.

Sebab, The Gunners juga harus membayar pemain-pemain bintangnya dengan nominal gaji yang cukup besar.

Baca Juga:
6 Tim Berlaga, Begini Hasil Evaluasi Laga Awal Liga 1 2021

Yang terakhir, tim asuhan Mikel Arteta baru saja merekrut bek muda potensial, Ben White, dengan harga mencapai 50 juta pound.

Meskipun demikian, pemain yang menduduki peringkat teratas di Arsenal ialah Pierre-Emerick Aubameyang. Ia digaji sebesar 250 juta euro per pekan.

Untuk membayar seluruh pemainnya, Arsenal harus mengeluarkan dana senilai 124 juta pounds.

Baca Juga:
Detik-detik Nama Lionel Messi Bergema saat Debut Bersama PSG

4. Liverpool

Para pemain Liverpool merayakan gol Diogo Jota (tengah) ke gawang Leicester City dalam laga lanjutan Liga Inggris di Anfield. (Laurence Griffiths/AFP).

Kejayaan Liverpool beberapa waktu lalu di bawah asuhan Jurgen Klopp juga tak terlepas dari besarnya uang yang harus dibayar untuk menggaji pemain.

Setidaknya, mereka sukses meraih gelar Liga Primer Inggris serta menjadi kampiun Liga Champions.

Saat ini, The Reds memiliki sederet pemain bintang di skuadnya seperti Mohamed Salah, Virgil van Dijk, hingga Thiago Alcantara.

Pemain-pemain ini jelas mendapatkan bayaran besar di Anfield. Jika ditotal, Liverpool harus menggelontorkan dana sebesar 140,6 juta pound untuk membayar upah pemainnya.

3. Manchester City

Aksi Jack Grealish mencetak gol perdana di Manchester City. (ADRIAN DENNIS / AFP)

Juara bertahan Liga Inggris musim 2020/2021 ini juga menjadi klub dengan beban pengeluaran terbesar untuk membayar gaji pemainnya.

Status Manchester City sebagai salah satu klub terkaya di Negeri Ratu Elizabeth memang memungkinkan mereka untuk belanja pemain mewah di setiap bursa transfer.

Yang terbaru, The Citizens sukses merekrut bintang timnas Inggris, Jack Grealish, dari Aston Villa. Mahar yang harus dibayar untuk merekrut Grealish sebesar 117 juta euro.

Namun demikian, Grealis masih belum bisa menandingi gaji Kevin De Bruyne yang mencapai 300 ribu pounds setiap pekannya.

Jika ditotal, Manchester City harus menggelontorkan dana sebesar 149 juta pounds untuk menggaji seluruh pemainnya.

2. Chelsea

Chelsea juara Piala Super Eropa 2021. (PAUL ELLIS / AFP)

Tim kedua yang beban pembayaran gaji tertinggi di Liga Inggris diduduki oleh klub asal London, Chelsea.

Tim asuhan Thomas Tuchel ini harus mengeluarkan dana melimpah untuk membayar gaji pemainnya setiap musim.

Yang terbaru, The Blues, julukan Chelsea, sukses membawa pulang Romelu Lukaku dari Inter Milan. Kini, penyerang timnas Belgia itu menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di Chelsea

Sebab, setiap pekannya Chelsea harus membayar gaji sebesar 325 ribu pounds untuk Lukaku. Jika ditotal, Chelsea harus mengeluarkan dana sebesar 15,7 juta pounds setiap tahun untuk membayar gaji seluruh pemainnya.

1. Manchester United

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes saat melawan Villarreal di final Liga Europa. (ALEKSANDRA SZMIGIEL / POOL / AFP)

Manchester United menjadi klub Liga Inggris yang memiliki beban pengeluaran terbesar untuk membayar gaji pemain-pemainnya.

Sebab, saat ini klub berjulukan Setan Merah itu memang memiliki sederet nama pemain bintang.

Yang terakhir, Setan Merah sukses memulangkan Cristiano Ronaldo setelah bertahun-tahun menjalani petualangan di Liga Spanyol maupun Liga Italia.

Untuk memulangkan CR7, MU dikabarkan harus membayar gaji sebesar 510 ribu pounds setiap pekannya.

Angka itu jelas jauh lebih besar ketimbang David De Gea yang sebelumnya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di MU.

Selain kedua nama di atas, MU memiliki pemain-pemain seperti Raphael Varane, Jadon Sancho, Edinson Cavani, Anthony Martial, serta Paul Pogba, yang dipastikan mendapat gaji besar.

Secara keseluruhan, jumlah uang yang harus digelontorkan tim Setan Merah untuk membayar gaji pemainnya sebesar 207 juta pounds.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More