Irwan Febri Rialdi
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memberikan bola kepada Benjamin Mendy pada laga melawan Huddersfield Town pada 19 Agustus 2018 (Lindsey Parnaby/AFP)

Bolatimes.com - Pesepak bola profesional sering menjadi sorotan publik, bahkan tak jarang hingga kehidupan pribadinya.

Popularitas tersebut tak jarang membuat pesepak bola yang terkena kasus hukum menjadi bahan pemberitaan. Tak sedikit pula, pemain tenar yang melakukan aksi kontroversial hingga berujung kasus hukum.

Tidak karier jarang pemain sepak bola yang terkena kasus hukum menjadi terpengaruh. Ada yang masih bisa melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola, ada pula yang harus terancam gantung sepatu lebih dini akibat ulah mereka sendiri.

Baca Juga:
10 Pemain Termahal ASEAN Saat Ini, Ada Satu dari Indonesia

1. Joey Barton

Pemain sepak bola yang pernah terkena kasus hukum pertama adalah mantan pemain Manchester City, Joey Barton. Dia memang dikenal dengan citranya sebagai pesepak bola bengal.

Beberapa tindakan indisipliner tercatat pernah dilakukan olehnya. Mulai dari insiden pemukulan terhadap rekan setimnya di City Ousmane Dabo, hingga tindakan brutalnya terhadap beberapa pemain The Citizens pada pekan terakhir Premier League 2011/2012, saat membela Queens Park Rangers.

Baca Juga:
3 Alasan Manchester United Sulit Juarai Liga Meski Ada Cristiano Ronaldo

Barton juga pernah merasakan ada di balik jeruji penjara pada 2008 setelah pengadilan tinggi Inggris menjatuhkan vonis enam bulan penjara atas tuduhan melakukan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan kepada seorang pengunjung di salah satu klub malam Kota Liverpool.

2. Adam Johnson

Ketika berada di puncak kariernya berama Sunderland, Adam Johnson didakwa melakukan kekerasan seksual terhadap gadis berusia 15 tahun. Dia pun mengakui perbuatannya tersebut.

Baca Juga:
Bagus Kahfi Debut, Jong Utrecht Pesta Gol dan Raih Kemenangan Perdana

Dia resmi ditangkap pada awal Maret 2015 dan sejak saat itu dia sudah tak berstatus pemain Sunderland lagi. Meskipun dituntut 6 tahun, Adam Johnson keluar penjara pada tahun 2019 dan tak melanjutkan kariernya sebagai pesepak bola.

3. Benjamin Mendy

Kasus ini masih terbilang baru. Bek Manchester City ini ditangkap kepolisian Inggris karena kasus pemerkosaan. Salah satu pelapor masih berusia di bawah 18 tahun.

Baca Juga:
3 Alasan MU Bisa Juara Liga Inggris Lagi usai Datangkan Cristiano Ronaldo

Dilaporkan media-media Inggris seperti Sky Sports dan Daily Mail, Mendy menjalani sidang di pengadilan Chester pada Jumat (27/8/2021) waktu setempat. Ia datang dengan mobil van dari penjara yang dikawal oleh patroli polisi.

Bukan cuma satu, Mendy didakwa atas 4 kasus pemerkosaan dan satu kasus kekerasan seksual. Tiga kasus pemerkosaan terjadi pada Oktober 2020, lalu satu kasus kekerasan seksual terjadi pada Januari 2021, dan satu kasus pemerkosaan terjadi pada Agustus ini.

Sampai saat ini kasusnya masih diselidiki. Namun, karier pemain asal Prancis itu bisa sangat terancam jika semua dakwaan yang diarahkan padanya terbukti benar.

4. Tony Adams

Di balik prestasi gemilangnya bersama Arsenal terdapat noda dalam mewarnai perjalanan karier Tony  Adams. Pada Desember 1990, Adams mengendarai mobilnya dalam keadaan mabuk dan terlibat dalam kecelakan lalu lintas.

Atas insiden tersebut, dirinya harus mendekam dipenjara selama dua bulan dan menepi sementara dari lapangan hijau. Beruntung kariernya kembali bersinar bersama The Gunners.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More