Rauhanda Riyantama
Debut Paul Pogba bersama Manchester United berakhir pahit karena kalah 0-2 dari Watford. (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Bolatimes.com - Pesepak bola profesional sering kali terlihat menggunakan berbagai macam aksesoris di tubuhnya saat bertanding. Rupanya tidak sedikit pesepak bola tersebut terlihat menggunakan aksesoris karena kebutuhannya.

Aksesoris yang digunakan oleh para pesepak bola tentunya diperbolehkan digunakan saat berlaga sesuai dengan peraturan FIFA. Lantas apa saja aksesoris yang paling ikonik sepanjang sejarah sepak bola yang digunakan para pemain saat berlaga? Simak ulasannya berikut ini.

1.     Face Mask

Baca Juga:
6.500 Penonton akan Hadiri Final Copa America 2021 Argentina Vs Brasil

Potret Antonio Rudiger saat berlaga di Euro 2020. (Instagram/toniruediger)

Aksesoris ikonik sepak bola yang pertama adalah topeng atau yang sering disebut face mask. Face mask ini telah diizinkan digunakan saat para pesepak bola sedang berlaga. Benda ini digunakan untuk melindungi tulang hidung dan pipi dari benturan. Pemain yang menggunakan face mask ini biasanya pemain yang baru saja mengalami cedera pada wajah.

2.     Headgear

Kiper Arsenal, Petr Cech (Ben Stansall/AFP)

Helm pelindung kepala atau headgear menjadi ciri khas mantan penjaga gawang Chelsea, Petr Cech di setiap pertandingan. Headger ini sering digunakan oleh para pemain yang pernah mengalami cedera atau benturan pada kepala.

Baca Juga:
Fakta Menarik Jelang Duel Argentina vs Brasil di Final Copa America 2021

3.     Snoods

Potret Carlos Tevez menggunakan snoods atau syal saat bermain bersama Manchester City. (Mirror)

Snoods atau syal digunakan oleh para pesepak bola untuk melindungi tubuh bagian leher dari cuaca dingin. Benda ini pernah digunakan oleh mantan penyernag Manchester City, Carlos Tevez saat berada di lapangan. Namun saat ini snoods sudah dilarang digunakan pada setiap pertandingan.

4.     Gloves

Baca Juga:
Fakta Menarik Jelang Duel Italia vs Inggris di Final Euro 2020

Dua pemain Manchester United, Paul Pogba dan Jesse Lingard. (PAUL ELLIS / AFP)

Gloves atau sarung tangan tak hanya digunakan oleh kiper namun digunakan oleh para pemain dengan posisi lain untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Namun sarung tangan yang digunakan kiper dengan pemain lainnya memiliki perbedaan dalam segi fungsinya.

5.     Headband

Gelandang Real Madrid, Luka Modric. (Twitter/@realmadrid).

Headband atau ikat kepala sering digunakan oleh para pesepak bola terutama yang memiliki rambut panjang. Gelandang Real Madrid, Luka Modric sering kali tampil dengan menggunakan headband untuk menjaga rabutnya tetap rapi saat di lapangan.

Baca Juga:
Bikin Ulah Lagi, Alfath Faathier Dituduh Lakukan KDRT ke Istri Barunya

Kontributor: Muhammad Zuhdi Hidayat
Load More