Irwan Febri Rialdi
Winger andalan Borussia Dortmund, Jadon Sancho. (Leon Kuegeler/AFP)

Bolatimes.com - Dortmund merupakan salah satu tim kuat asal Jerman, yang berhasil mencuri perhatian dunia dengan talenta muda yang dimilikinya. Pemain-pemain muda senantiasa dibeli oleh Dortmund, dikembangkan, kemudian menunjukkan performa impresif. Belinya murah, 6 pemain Dortmund ini terjual mahal di bursa transfer berkat perkembangannya selama di klub berseragam kuning tersebut.

Pemain-pemain yang diboyong Dortmund dengan harga terjangkau ini menunjukkan performa yang impresif, sehingga nilainya di bursa transfer bisa meningkat drastis. berikut 4 pemain yang belinya murah, dan berhasil dijual dengan harga tinggi.

1. Mario Gotze

Baca Juga:
Anya Geraldine Ekspos Punggung Mulus, Netizen Malah Soroti Bentuk Kakinya

mario gotze/instagram

Gotze ternyata berasal dari akademi Dortmund yang bermain untuk tim U17 dan U19. Pada tahun 2010 dipercaya ke tim senior, dan menampilkan permainan mengesankan. Ia kemudian diboyong Munchen dengan dana 37 juta Euro.

2. Henrikh Mkhitaryan

Aksi gelandang Arsenal, Henrikh Mkhitaryan saat melawan Newcastle United di pekan perdana Liga Primer Inggris. (LINDSEY PARNABY / AFP)

Pemain yang satu ini juga memulai karirnya dengan bergabung dengan Dortmund, dengan pembelian senilai 27,5 juta Euro. Kemudian ia kembali dijual setelah berkembang, ke Manchester United pada 2016 lalu dengan nilai transfer sebesar 42 juta Euro.

Baca Juga:
Profil Jordan Pickford, Benteng Terakhir Inggris yang Masih Perawan

3. Pierre-Emerick Aubameyang

Penyerang Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang (Jonathan Nackstrand/AFP)

Sempat berseragam AC Milan, Aubameyang mendapat banyak popularitas ketika ia bergabung dengan Dortmund. Direkrut pada 2013 lalu dari PSG dengan nilai 13 juta Euro, ia kemudian diboyong ke Arsenal dengan nilai transfer 64 juta Euro.

4. Christian Pulisic

Baca Juga:
9 Potret Terbaru Kiki Amalia, Mantan Istri Markus Horison yang Makin Cantik

Christian Pulisic saat berhadapan dengan Atletico Madrid di Liga Champions pada 6 November 2018 (Javier Soriano/AFP)

Awalnya ia bermain di tim lokal asal Amerika Serikat, kemudian diboyong ke Dortmund dengan gratis pada 2015 lalu. Sebelum masuk ke skuad senior pada 2016, ia sempat mencicipi skuad U17 yang dimiliki Dortmund. Ia kemudian dibeli oleh Chelsea pada tahun 2019 lalu dengan nilai 64 juta Euro.

6. Ousmane Dembele

Pemain Barcelona Ousmane Dembele bersama Lionel Messi [AFP]

Dembele awalnya bermain di Stade Rennais, salah satu tim di liga Prancis pada 2016 lalu. Saat berusia 19 tahun tersebut Dembele memiliki nilai transfer sebesar 15 juta Euro. Selama satu musim, nilainya naik menjadi 135 juta Euro dan dibeli oleh Barcelona. Angka yang fantastis ya?

Baca Juga:
Situs Dewasa Ajukan Bantuan Dana ke Barcelona Demi Biayai Kontrak Messi

6. Jadon Sancho

Winger andalan Borussia Dortmund, Jadon Sancho. (Leon Kuegeler/AFP)

Terbaru adalah Jadon Sancho. Awalnya, pemain ini didatangkan Dortmund dari Manchester City seharga 7,84 juta Euro saja. Namun, berkat performa impresifnya, ia dibeli Manchester United dengan harga 85 juta Euro! Sungguh cocok sekali ya apabila Dortmund berubah nama menjadi Dort-mart berkat pintarnya klub dalam berbisnis.

Belinya murah, 6 pemain Dortmund ini terjual mahal setelah mengembangkan diri di Dortmund dan Liga Jerman. Mungkin ini sebagai bukti bahwa klub tersebut adalah salah satu klub terbaik untuk mengembangkan bakat dari pemain muda ya? Siapa lagi yang kira-kira akan dikembangkan oleh Dortmund di masa yang akan datang?

Kontributor: I Made Rendika Ardian
Load More