Husna Rahmayunita
Penjaga gawang Swiss Yann Sommer bereaksi setelah menyelamatkan tembakan oleh pemain depan Prancis Kylian Mbappe dalam adu penalti selama pertandingan sepak bola babak 16 besar UEFA EURO 2020 antara Prancis dan Swiss di National Arena, Bucharest, pada (28/6/2021). [Justin Setterfield / POOL / AFP]

Bolatimes.com - Babak perempat final Euro 2020 bakal mempertemukan Timnas Swiss vs Spanyol. Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique mengaku segan dengan tingkat kepaduan Swiss.

Luis Enrique menilai Swiss bakal jadi lawan yang sulit bagi Tim Matador --julukan Timnas Spanyol-- meski tak banyak memiliki pemain kondang.

Swiss dianggap pekerja keras dan salah satu tim yang paling kohesif sepanjang gelaran Euro 2020. Dibuktikan dengan menampilan apiknya yang mampu menyingkirkan Prancis dalam babak 16 besar.

Baca Juga:
Euro 2020: Romelu Lukaku Jadi Ancaman Terbesar Gli Azzurri

"Mereka akan menjadi lawan sulit bagi kami, mereka mungkin tidak punya banyak pemain bernama besar yang dikenal suporter tetapi sebagai tim mereka adalah salah satu yang paling solid di turnamen ini," kata Enrique dikutip Reuters, Jumat dini hari WIB.

"Mereka ada di level yang sama dengan kami, itu jelas, dengan cara mereka melakukan kawalan dan menyerang. Mereka juga punya pelatih hebat dalam diri Vladimir Petkovic dan akan menimbulkan banyak masalah bagi kami," tambahnya.

Enrique sudah merasakan sendiri kepaduan Swiss ketika Spanyol dua kali menghadapi mereka dalam ajang UEFA Nations League 2020/21.

Baca Juga:
Belgia vs Italia, Eden Hazard dan Kevin de Bruyne Bakal Absen?

Menang 1-0 dalam laga pertama di Madrid, Spanyol harus berjibaku meraih hasil imbang 1-1 di pertemuan kedua berkat gol larut Gerard Moreno, itupun setelah Swiss harus menuntaskan pertandingan hanya dengan 10 pemain.

"Kami superior melawan mereka di Madrid walau skornya tidak mencerminkan itu dan Swiss cuma menciptakan satu peluang sepanjang laga," katanya.

Tapi kedua pertandingan itu sangat berat, karena mereka melakukan kawalan hingga di area pertahanan Anda sendiri, berlari tanpa lelah, dan saya rasa hal itu akan kembali terjadi besok.

Baca Juga:
3 Alasan Jadon Sancho Bisa Meredup di Manchester United

"Di turnamen ini, mereka memberi gambaran penuh kemampuan sebagai tim yang sulit dikalahkan dan bisa melangkah sejauh mungkin, sebagaimana kami," ujar Enrique.

Terlepas dari semuanya, Enrique mengaku tidak kuatir dengan kondisi kebugaran para pemainnya.

"Dampak fisik tidak akan berpengaruh, kami punya pelatih kebugaran yang hebat dan data yang muncul sungguh luar biasa," katanya.

Baca Juga:
Kisah Cinta Syamsir Alam, Dulu Rajin Gebet Artis

"Faktor mental justru lebih penting karena jika Anda yakin dengan yang dilakukan dan punya pemikiran bagus, Anda bisa tampil gemilang di atas lapangan. Saya pikir kondisi fisik kami dalam keadaan terbaik," tutup Enrique.

Laga Swiss vs Spanyol bakal digelar di Saint Petersburg, Jumat (2/7/2021) malam. Tim yang menang akan menjamu Belgia atau Italia di babak semifinal Euro 2020. (Antara)

Load More