Rauhanda Riyantama
Martin Braithwaite merayakan kelolosan Timnas Denmark ke perempatfinal Euro 2020. (OLAF KRAAK / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Denmark menorehkan tinta emas dalam gelaran Euro 2020 usai menumbangkan Wales 4-0 di babak 16 besar, Sabtu (26/06/21) malam WIB. Berkat kemenangan tersebut, Denmark lolos ke babak perempatfinal.

Bertanding di Stadion Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Denmark memainkan sebagian besar kekuatan terbaiknya, minus Youssouf Poulsen yang digantikan Kasper Dolberg. Sementara sang bintang Christian Eriksen sudah absen lama usai kolaps di laga pertama.

Pun dengan Wales yang memainkan seluruh pemain terbaiknya guna mengulangi pencapaian di Euro 2016 kala berhasil melaju ke babak semifinal.

Baca Juga:
7 Sosok Wanita Cantik di Balik Performa Gemilang Para Top Skor Euro 2020

Sama-sama tampil dengan kekuatan terbaiknya, Denmark berhasil mendominasi Wales di dua babak yang tersedia. Tim Dinamit bahkan mampu membuat kejutan dengan mencetak gol di menit ke-27.

Keputusan Kasper Hjulmand memainkan Kasper Dolberg di lini serang Denmark berbuah manis. Gol pertama tim Dinamit di laga ini dicetak oleh mantan penggawa Ajax Amsterdam itu.

Dolberg mencetak golnya dengan sepakan keras kaki kanannya dari luar kotak penalti. Gol tersebut pun bertahan hingga turun minum.

Baca Juga:
Beda dengan Bendera, Ini Alasan Jersey Jerman Berwarna Putih

Di awal babak kedua, Dolberg kembali menunjukkan magisnya di menit ke-48. Gol keduanya ini sedikit kontroversial karena adanya indikasi pelanggaran dan bola telah keluar dari lapangan.

Kendati demikian wasit mengesahkan gol yang diciptakannya lewat serangan balik cepat dan memanfaatkan kesalahan pertahanan Wales dalam menyapu bola.

Harapan Wales mengulangi pencapaian di Euro 2016 pun pupus kala Denmark mencetak gol ketiganya lewat Joakim Maehle di menit ke-88.

Baca Juga:
Alasan Belanda Bisa Tumbang dari Ceko di Babak 16 Besar Euro 2020

Gol penggawa Atalanta tersebut tercipta berkat aksi individunya yang memanfaatkan ruang kosong di sisi kiri pertahanan Wales.

Menjelang bubaran, Denmark kembali mencetak gol. Kali ini giliran Martin Braithwaite mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+4.

Empat gol yang dibuat Denmark kala bersua Wales di babak 16 besar Euro 2020 secara tak langsung menorehkan tinta emas di ajang empat tahunan ini.

Baca Juga:
Adem Lihatnya! Ini 4 Potret Alfath Faathier Bareng Anak dan Mantan Istri

Dinukil dari Opta, berkat kemenangan atas Wales, Denmark menjadi tim pertama yang mencetak empat gol atau lebih secara beruntun sepanjang perhelatan Euro.

Selain rekor tersebut, Denmark juga mencatatkan torehan lain. Gol pertama Dolberg menjadikan tim Dinamit sebagai tim yang paling banyak mencetak gol dari luar kotak penalti di Euro 2020 sejauh ini.

Total tiga gol telah dicetak Denmark dari luar kotak penalti melalui Mikkel Damsgaard serta Andreas Christensen (vs Rusia) dan Kasper Dolberg (vs Wales).

Kontributor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Load More