Irwan Febri Rialdi
Striker Timnas Swedia, Emil Forsberg. (Kirill Kudryavtsev/AFP)

Bolatimes.com - Profil Emil Forsberg mendadak banyak dicari karena berhasil masuk dalam bursa top skor Euro 2020. Dengan torehan 3 gol sejauh ini, ia hanya berjarak 2 gol dari pemuncak klasemen sementara Cristiano Ronaldo.

Nama Emil Forsberg menjadi sorotan, manakala ia menunjukkan performa impresif pada laga terakhir Swedia melawan Polandia. Tidak hanya bermain begitu efektif, Forsberg juga berhasil mencatatkan gol cepat, tepatnya pada menit ke-2 setelah peluit tanda pertandingan dimulai. Profil Emil Forsberg sendiri sontak jadi perhatian publik, karena namanya cukup segar di telinga penikmat bola internasional.

Emil Forsberg sendiri berhasil membawa kemenangan Swedia atas Polandia, dengan skor akhir 3 – 2. Dua gol yang disarangkannya jadi kunci performa dari Swedia, dan mengamankan satu tempat di babak 16 besar.

Baca Juga:
Kisah Goran Pandev, Legenda yang Usianya Lebih Tua daripada Negaranya

Secara Singkat, Profil Emil Forsberg

Selebrasi striker Swedia, Emil Forsberg, usai menjebol gawang Polandia. (Anatoly Maltsev/AFP).

Torehan gol cepat yang dibuatnya kemarin tercatat sebagai gol tercepat kedua sepanjang sejarah Euro digelar. Posisi pertama masih dipegang oleh Dmitry Kirichenko, pada gelaran Euro tahun 2004 yang lalu.

Lahir dengan nama lengkap Emil Peter Forsberg, pada 23 Oktober 1991, pemain gelandang berusia hampir 30 tahun ini tidak menunjukkan penurunan performa sama sekali. Justru tak jarang ia jadi motor serangan Swedia untuk mendobrak pertahanan lawan-lawannya.

Baca Juga:
5 Pemain Paling Bersinar di Fase Grup Euro 2020, Ada Pesaing Ronaldo

Sejal lama Forsberg selalu mengidolakan Ronaldo. Di matanya, Cristiano Ronaldo adalah sosok pemain sepakbola yang sempurna, baik dari skill, gaya bermain, hingga gaya hidup sehat yang bisa membuatnya tampil prima meski usia sudah tak muda lagi.

Kiblat bermainnya ini kemudian membawa dampak besar pada cara bermain dan pola gerak di lapangan dari gelandang yang satu ini. Selalu berhasil merepotkan lini pertahanan musuh, Forsberg dapat dipastikan di marking oleh beberapa pemain dalam waktu berdekatan.

Karier Profesional

Baca Juga:
Alvaro Morata Gagal Penalti, Anaknya Dapat Ancaman Pembunuhan

Emil Forsberg ketika membela klubnya, RB Leipzig. (Annegret Hilse/AFP)

Secara profesional ia telah bermain sepakbola untuk waktu yang cukup lama. Bergabung dengan RB Leipzig sejak tahun 2015, pemain dengan tinggi badan 179 cm ini juga dipercaya masuk dalam skuad inti dari timnas Swedia sejak tahun 2014 lalu. Dengan catatan total 97 kali bermain bersama Leipzig RB, ia telah menorehkan sedikitnya 18 gol.

Untuk bermain bersama Swedia sendiri, ia sudah membukukan total 39 caps dengan torehan 6 gol.

Sedikit profil Emil Forsberg di atas semoga bisa jadi informasi yang menarik. Pemain ini juga digadang-gadang akan jadi pesaing berat Cristiano Ronaldo alam perebutan predikat pemain dengan torehan gol terbanyak di gelaran Euro 2020 kali ini.

Baca Juga:
Mengenang Kebiasaan Merokok Wojciech Szczesny hingga Ditendang dari Arsenal

Apakah ia akan bisa mengejar jumlah gol yang dibukukan Ronaldo pada gelaran ini?

Load More