Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Inggris bikin nazar jika menang Euro 2020. (Matt Dunham / POOL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Inggris akan melawan musuh bebuyutannya, yakni Timnas Jerman di babak 16 besar Euro 2020. Jelang pertandingan tersebut, skuat The Three Lions dihantui catatan kelam.

Menurut catatan Opta, Inggris telah lama mengalami banyak patah hati saat menghadapi Jerman. Termasuk pelatih Tiga Singa saat ini, Gareth Southgate adalah sosok yang gagal mengeksekusi penalti kontra Jerman sehingga kandas di semifinal Euro 1996.

Menilik dari rekor pertemuan, Inggris dan Jerman sudah tujuh kali saling jegal, termasuk di ajang Piala Dunia dan Euro. Namun catatan buruk menimpa The Three Lions, yang mana hanya dua kali menang, sisanya empat kali kalah dan sekali imbang.

Baca Juga:
Disia-siakan Inggris, Legenda Jerman Minta Jadon Sancho Dinaturalisasi

Pertemuan pertama Inggris vs Jerman (saat itu Jerman Barat) terjadi di final Piala Dunia 1966 yang digelar di Wembley. Kali itu tim Negeri Ratu Elizabeth itu menang dengan skor 4-2 dan berhak jadi juara.

Setelah itu, Inggris praktis bertekuk lutut di tangan Jerman. Antara lain kalah atas Der Panzer di perempat final Piala Dunia 1970 melalui babak tambahan dengan skor 3-2.

Selanjutnya Inggris kalah lewat drama adu penalti di semifinal Piala Dunia 1990 di Italia. Bermain imbang 1-1 di waktu normal, Inggris kemudian kalah penalti 3-4, dan Jerman berhak ke final hingga berhasil juara.

Baca Juga:
Georgina Rodriguez Dihujat Publik saat Rayakan Ulang Tahun Anak Ronaldo

Mimpi buruk Inggris berlanjut di semifinal Euro 1996. Dalam laga yang dihelat di Stadion Wembley, Inggris kalah adu penalti dengan skor 5-6 dari Jerman. Saat itu, Gareth Southgate, pelatih Inggris saat ini adalah sosok yang gagal mengeksekusi penalti.

Inggris pun gagal meraih gelar juara di tanah sendiri. Sementara Jerman berkuasa karena lolos ke final hingga jadi juara usai mengalahkan Republik Ceko.

Pertemuan terakhir Inggris vs Jerman berlangsung di 16 besar Piala Dunia 2010. The Three Lions harus mengakui keunggulan Der Panzer 1-4, dengan laga diwarnai tak disahkannya gol Frank Lampard meski telah melewati garis gawang.

Baca Juga:
4 Kuda Hitam di Babak 16 Besar Euro 2020, Siap Gulingkan Para Raksasa

Gareth Southgate menghampiri Rashford yang menangis/Twitter

Meski punya catatan buruk, penyerang Timnas Inggris, Marcus Rashford, meminta agar rekan-rekannya melupakan masa lalu. Ia hanya ingin fokus pada pertandingan dan memenangkannya.

“Kami sedang ditempatkan pada posisi di mana kami diberkati untuk menjadi bagian dari sejarah itu,” kata Rahsford dikutip dari The Guardian, Jumat (25/6/2021).

“Fokus utama kami adalah memenangkan pertandingan, tetapi jika kami melakukannya, itu akan dimasukkan ke dalam sejarah. Begitulah tim hebat dikenang selama bertahun-tahun."

Baca Juga:
Kisah Cintanya Mirip Telenovela, Lionel Messi Dapat Ucapan Manis dari Istri

"Tidak ada gunanya takut akan masa lalu. Anda tidak dapat kembali dan mengubahnya. Apa yang bisa kami ubah adalah hasil dari pertandingan berikutnya dan menempatkan diri kami di posisi terbaik untuk menang.”

Sementara itu, laga Inggris vs Jerman di babak 16 besar Euro 2020 akan berlangsung di Stadion Wembley, London, pada Senin (29/6/2021), pukul 23.00 WIB.

Berikut catatan tujuh pertemuan terakhir Inggris dengan Jerman.

Final Piala Dunia 1966
Inggris 4-2 Jerman (Barat) (aet)

Perempatfinal Piala Dunia 1970
Jerman (Barat) 3-2 Inggris (aet)

Fase Grup Kedua Piala Dunia 1982
Jerman (Barat) 0-0 Inggris

Semifinal Piala Dunia 1990
Jerman (Barat) 1-1 Inggris (Penalti: 4-3)

Semifinal Piala Eropa 1996
Jerman 1-1 Inggris (Penalti: 6-5)

Fase Grup Piala Eropa 2000 
Inggris 1-0 Jerman

16 Besar Piala Dunia 2010
Jerman 4-1 Inggris

Load More