Rauhanda Riyantama
Kandang Porto, Estadio do Dragao. (ANDREW YATES / AFP)

Bolatimes.com - Venue final Liga Champions 2020/2021 antara Manchester City vs Chelsea diwacanakan pindah dari Istanbul ke Stadion Wembley di London. Namun wacana tersebut kemungkinan sulit terjadi.

Menurut laporan Reuters seperti dilansir dari Antara, Porto kini muncul dengan menawarkan stadionnya, yakni Estadio do Dragao sebagai alternatif untuk menggelar laga final pada 30 Mei mendatang.

Pihak penyelenggara UEFA sudah berbicara dengan pemerintah Inggris dan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) yang tujuannya memindahkan final kompetisi itu ke Wembley, setelah pekan lalu Turki dimasukkan ke dalam 'daftar merah' COVID-19 oleh Inggris sehingga pendukung sepakbola Inggris tak boleh menyaksikan langsung laga itu di sana.

Baca Juga:
Jadwal Sepak Bola Malam Ini: Ada Laga Manchester United hingga Barcelona

Namun seorang sumber yang mengetahui masalah itu mengungkapkan bahwa sekalipun pembicaraan dilanjutkan hari ini, kendala-kendala muncul seputar perlunya memberikan pengecualian kepada awak televisi internasional, staf teknis dan pendukung, serta sponsor.

Mengingat banyak dari individu yang berasal dari berbagai negara itu diharuskan menjalani karantina begitu tiba di Inggris, maka butuh pengecualian luas yang membuat sulit bersepakat.

Istanbul, dalam hal ini Atatürk Olympic Stadium kemungkinan besar tidak akan menjadi tuan rumah final itu karena kondisi yang dihadapinya, dan memindahkan arena pertandingan final ke Estadio do Dragao di Kota Porto, Portugal menjadi cara masuk akal bagi para penggemar sepakbola Inggris yang ingin menonton langsung laga itu, dari pada risiko dan upaya lebih besar jika menggelar laga itu di Wembley.

Baca Juga:
Mengenang Gaya Nyentrik Sapri Pantun saat Jadi Dirijen The Jak

Pekan lalu, pemerintah Inggris memasukkan Portugal dalam 'daftar hijau' sejak 17 Mei yang artinya pendukung sepakbola Inggris bebas pergi menyaksikan pertandingan jika laga itu akhirnya dipindahkan ke sana.

Portugal saat ini tengah dalam fase terakhir mengendurkan lockdown dan diperkirakan akan mencabut pembatasan perjalanan pada 17 Mei.

Final tahun lalu dipindahkan dari Istanbul ke Lisbon karena pandemi COVID-19, namun sumber-sumber mengisyaratkan bahwa otoritas Portugal akan menunjuk Porto menjadi tuan rumah jika negara itu menjadi opsi venue final Liga Champions.

Baca Juga:
Momen Bersejarah, Azan Pertama Berkumandang di Stadion Wembley

Namun, UEFA dan Federasi Sepakbola Portugal masih enggan mengomentari kabar ini.

Load More