Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo bereaksi selama pertandingan sepak bola leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Juventus melawan Lyon di Allianz Stadium, Turin, Italia, Sabtu (8/8). [Miguel MEDINA / AFP]

Bolatimes.com - Cristiano Ronaldo mendapatkan tawaran tinggi dari Arab Saudi sebesar Rp101 miliar untuk menjadi duta pariwisata. Sayangnya, Ronaldo menolak mentah-mentah hal itu karena alasan kemanusiaan.

Disadur dari laporan The Sun pada Minggu (24/1/2021), Cristiano Ronaldo mendapatkan tawaran untuk jadi duta pariwisata di Arab Saudi. Kesepakatan itu mengharuskan Ronaldo untuk tampil dalam sebuah iklan komersil dan berkunjung ke Arab Saudi.

Apabila Ronaldo menerima tawaran itu, Arab Saudi akan memberikan bayaran selangit. Ronaldo akan diberi uang sebesar 5,3 juta poundsterling (sekitar Rp 101 miliar).

Baca Juga:
Pose Seksi Baru Bangun Tidur, Wanda Nara Curi Perhatian Netizen

Mendapatkan tawaran tersebut, Ronaldo ternyata tidak tergoda. Kapten Timnas Portugal tersebut menolak mentah-mentah tawaran dari Arab Saudi untuk menjadi wajah pariwisata mereka.

Usut punya usut, penolakan Ronaldo ini ada kaitannya dengan pelanggaran hak asasi manusia (HAM). Sebab, Arab Saudi sedang disorot karena kasus HAM yang juga menyeret Putra Mahkota, Mohammed bin Salman.

Salah satu kasus paling menjadi sorotan adalah pembunuhan seorang jurnalis yang bernama Jamal Khashoggi. Jamal Khashoggi terakhir kali terlihat memasuki Konsulat Arab Saudi di Turki pada 2 Oktober 2018.

Baca Juga:
Cetak Gol Indah dari Tendangan Bebas, Shin Tae-yong Banjir Pujian Netizen

Sejak saat itu, Jamal Khashoggi tidak pernah lagi terlihat sehingga diyakini telah dimutilasi dan dibuang. Bahkan sampai saat ini jasad Jamal Khasoggi belum ditemukan.

Atas insiden tersebut, Arab Saudi berupaya untuk memperbaiki citra mereka di mata internasional. Maka dari itu, mereka ingin menggaet Cristiano Ronaldo untuk jadi wajah pariwisata.

Selain Ronaldo, Lionel Messi juga ada dalam daftar Arab Saudi untuk menjadi duta pariwisata mereka. Sama seperti Ronaldo, Messi juga menolak tawaran tersebut.

Baca Juga:
Digosipkan dengan Ibrahimovic, Diletta Leotta Ketahuan Cium Pria Lain

Load More