Sabtu, 18 Januari 2020
Rauhanda Riyantama : Sabtu, 11 Januari 2020 | 11:00 WIB

Bolatimes.com - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp tak mau membandingkan timnya dengan skuat invincible Arsenal yang terkenal pada musim 2003-2004. Sebaliknya, Klopp mendesak para pemainnya untuk fokus ke laga kontra Tottenham Hotspur yang akan digelar akhir pekan ini.

Kemenangan di Tottenham Hotspur Stadium akan membawa Liverpool mengumpulkan total 61 poin dari 21 pertandingan, atau 12 poin dari Arsenal besutan Arsene Wenger di musim 2003-2004 ketika mereka menuntaskan satu musim tanpa satu kali pun menelan kekalahan.

Liverpool sejauh ini juga tak terkalahkan dan memimpin 13 poin dari penghuni posisi dua, Leicester City, dan mengantongi satu pertandingan lebih banyak.

Namun demikian, Klopp tidak ingin hal semacam ini mengganggu fokus para pemainnya.

Para pemain Liverpool merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Sheffield United dalam laga Liga Inggris di Anfield. Paul ELLIS / AFP

"Satu-satunya yang bisa saya katakan adalah jika kami memikirkan rekor semacam itu, maka kami tidak akan memenangkan jumlah pertandingan yang kami menangkan sejauh ini. Cuma itu," kata Klopp dalam jumpa pers, Jumat (10/1/2020) seperti dikutip Reuters.

"Saya kira dalam olah raga, dan Anda mungkin harus menanyakan tim lain yang sudah melakukan itu sebelumnya. Mereka tidak pernah mencatat rekor hanya karena mereka ingin mencetak rekor. Rekor itu terjadi begitu saja karena fokus kepada setiap langkah yang dibuat dan itulah yang harus kami lakukan,'' imbuhnya.

Klopp memastikan playmaker Xherdan Shaqiri bugar dan siap diturunkan akhir pekan ini namun mengesampingkan dua gelandang yang cedera, James Milner dan Naby Keita. Sedangkan Dejan Lovren dan Fabinho baru bisa berlatih penuh pekan depan.

Pertandingan antara Tottenham vs Liverpool akan digelar di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (12/1/2020) dini hari WIB.

Penulis: Syaiful Rachman