Galih Priatmojo
Pelatih Timnas Vietnam U-16, Dinh The Nam tertunduk lesu melihat anak asuhnya kalah dari Australia di laga pamungkas Grup H Kualifikasi Piala Asia 2020 beberapa waktu lalu. [Dok. Zing.vn / net]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2020 dengan menyandang status sebagai salah satu runner-up terbaik. Menariknya, skuat Garuda Asia menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang mampu tembus ke ajang tersebut.

Tahun depan, anak asuhan Bima Sakti bakal melakoni laga di Piala Asia U-16 menghadapi tim-tim yang mayoritas diisi dari negara-negara yang berasal dari Timur Tengah.

Timnas Indonesia U-16 bisa saja tak menjadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang tembus ke Piala Asia U-16 2020 jika Vietnam tak tereliminasi di fase penyisihan Grup H Kualifikasi Piala Asia U-16 lalu.

Baca Juga:
Soal Pilihan Pemain Terbaik FIFA 2019, Messi Ternyata Jagokan Ronaldo

Rupanya, kegagalan Vietnam tembus ke Piala Asia U-16 menjadi perhatian dari publik setempat. Bahkan media lokal Vietnam menuding bahwa ada skenario jahat yang memang menginginkan agar Vietnam tak lolos.

Kabar itu seperti yang disampaikan oleh Zing.vn. Media tersebut mencurigai adanya persekongkolan itu dengan sebuah tulisan berjudul "Lawan yang berjabat tangan membuat Timnas Vietnam U-16 tereliminasi?"

Dalam ulasannya Zin.vn menuliskan bahwa Oman dan Arab Saudi yang berada di Grup D main mata demi mengamankan tiket menuju Piala Asia U-16. Apalagi, kedua tim tersebut sama-sama mengemas enam poin sebelum bersua di partai pamungkas Grup D.

Baca Juga:
Komentar Jurgen Klopp usai Sabet Gelar Pelatih Terbaik FIFA 2019

"Oman dan Arab Saudi cuma perlu menghitung bagaimana cara mengalahkan Vietnam untuk melaju ke putaran final," tulisnya.

"Sebelum memainkan laga, kedua tim punya poin yang sama yakni sama-sama mengemas enam pon dan memimpin klasemen sementara," lanjutnya.

"Namun pada akhirnya kedua tim itu bermain imbang tanpa gol hingga mereka mendapatkan satu poin," ulasnya.

Baca Juga:
Jadi Pahlawan PSIM, Gonzales Persembahkan Dua Golnya untuk Anak Yatim

Alhasil Arab Saudi keluar sebagai juara Grup D dengan raihan 7 poin, sedangkan Oman juga mendapat poin sama dan berhak masuk dalam jajaran runner-up terbaik.

Lolosnya Oman tersebut otomatis menyingkirkan Vietnam yang sebelumnya hanya mengemas 6 poin dengan selisih gol +8 dari tiga laga.

Tak hanya itu Vietnam yang sempat masuk ke peringkat empat runner-up terbaik pun juga harus tersingkir ke urutan kelima setelah di laga lainnya Yaman mampu mencatatkan 7 poin dari tiga laga usai mampu mengalahkan Bangladesh dengan skor meyakinkan 3-0.

Baca Juga:
Ada 4 Pemain Debutan di Daftar Tim Terbaik FIFA FIFPro 2019, Siapa Saja?

Vietnam bisa saja meraih poin serupa Yaman dan Oman jika saja di pertandingan terakhir mampu menang atas Australia. Kenyataanya, skuat asuhan Dinh The Nam harus mengakui keunggulan Australia setelah keok 1-2.

Load More