Galih Priatmojo | Muhammad Ilham Baktora
Wasit asal Prancis, Stephanie Frappart akan memimpin laga Piala Super Eropa antara Liverpool vs Chelsea, Kamis (14/8/2019) dini hari nanti. [DAMIEN MEYER / AFP]

Bolatimes.com - Duel krusial antara Liverpool kontra Chelsea di ajang Piala Liga Super Eropa 2019 akan dipimpin  wasit wanita asal Prancis bernama Stephanie Frappart.

Piala Super Eropa 2019, bakal mempertemukan juara Liga Champions dan juara Liga Europa musim lalu. Skuat besutan Jurgen Klopp bakal mengahadapi Chelsea di Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB.

Dikutip dari Aljazeera, Selasa (13/8/2019), Federasi Sepak Bola Tertinggi Eropa (UEFA) menunjuk seorang wasit wanita untuk memimpin laga tersebut. Ya, Stephanie Frappart, wasit 35 tahun itu bakal memimpin pertandingan bergengsi antara The Reds dan The Blues. Berikut fakta unik wanita asal Prancis ini.

Baca Juga:
Klopp: Piala Super Bukan Even Favorit Saya Tapi Jadi Juara Itu Harga Mati!

1. Dikenal bertangan besi saat pimpin pertandingan

Frappart dikenal sangat tegas saat memimpin tiap pertandingan bola. Tak kalah dengan pemimpi wasit pria, wanita yang memulai karier wasitnya pada 2011 itu juga dikenal tegas. Ia bahkan tak segan untuk mengeluarkan kartu jika seorang pemain berani melakukan pelanggaran.

Dikutip dari situs data sepak bola, transfermarkt, Frappart telah mengeluarkan 85 kartu saat memimpin 18 pertandingan di musim lalu. Kartu terbanyak terdapat pada pertandingan Ligue 2.

Baca Juga:
Resmi! Ivan Perisic Diperkenalkan Jadi Pemain Anyar Bayern Munchen

Stephanie Frappart, berlari mengecek VAR saat gelaran Piala Dunia Wanita 2019. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

2. Dipercaya Memimpin Liga Profesional Prancis dan Piala Dunia Wanita

Berkat ketegasannya, Frappart dipercaya memimpin laga pada Ligue 2 atau kasta kedua kompetisi sepak bola Prancis. Selain itu, dia juga pernah berpengalaman menjadi wasit di sepak bola kasta ketiga Prancis atau Championnat National.

Tampil oke sepanjang memimpin laga di dua kasta sepak bola Prancis tersebut, Frappart dipercaya menjadi wasit di Ligue 1 2018/2019 sebanyak dua kali saat SC Amiens vs Strasbourg dan OGC Nice vs Nantes FC.

Baca Juga:
Tersulut Emosi, Iniesta Hampir Baku Hantam di Liga Jepang

Tak berhenti di sana, karier wanita kelahiran 14 Desember 1983 itu semakin tinggi. Dia juga pernah dipercaya menjadi pemimpin pertandingan di Final Piala Dunia Wanita 2019 lalu antara Amerika Serikat vs Belanda.

Stephanie Frappart menunjukkan medali saat memimpin pertandingan Final Piala Dunia Wanita, Amerika Serikat vs Belanda, di Stadion Lyon, Prancis, 7 Juli 2019. (CHRISTOPHE SIMON / AFP)

3. Menjadi wasit wanita pertama kali yang memimpin Gelaran Piala Super Eropa

Masih dilansir dari Aljazeera, Frappart menjadi wanita pertama yang menjadi wasit di Piala Super Eropa.

Baca Juga:
Kocak, Gaya Rambut Gelandang Arsenal Disebut Mirip Avatar

Selain itu laporan tersebut mengkalim bahwa dia wasit wanita pertama yang pernah memimpin laga di kompetisi tertinggi di bawah naungan UEFA.

Jelang memimpin laga antara Liverpool vs Chelsea, Frappart bakal ditemani dua wasit lainnya yakni Manuele Nicolosi dan Michelle O’Neal sebagai asisten. Sedangkan di bagian ofisial keempat ada wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.

Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart saat menjadi wasit di Piala Dunia Wanita 2019. (Philippe DESMAZES / AFP)

 

Load More