Galih Priatmojo
Ekspresi Lionel Messi saat gagal mencetak gol ke gawang Chile pada perebutan tempat ketiga Copa America 2019, Minggu (7/7/2019). [NELSON ALMEIDA / AFP]

Bolatimes.com - Buntut dari kecaman Lionel Messi terhadap Federasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) saat gelaran Copa America 2019 lalu berbuntut sanksi. Yap, Megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina itu resmi dilarang membela negaranya selama tiga bulan dan dijatuhi denda USD 50 ribu.

Seperti diketahui, Messi mengkritik keras CONMEBOl pada Copa America 2019 lalu.

Penyerang Barcelona berusia 32 tahun itu menuduh CONMEBOL korup, setelah dikartumerahkan wasit pada laga perebutan tempat ketiga kontra Chile bulan lalu.

Baca Juga:
Kevin de Bruyne Bidik Ini Jelang Hadapi Liverpool di Community Shield

Messi sendiri dibuat berang oleh dua insiden selama Copa America 2019 berlangsung di Brasil.

Ya, Timnas Argentina tidak dipenuhi klaim dua penaltinya saat kalah 0-2 melawan tuan rumah Brasil pada partai semifinal, yang mendorong Messi mengeluarkan pernyataan bahwa Brasil memang telah di-setting untuk jadi kampiun oleh CONMEBOL.

Usai diusir ke luar lapangan saat Argentina menang 2-1 melawan Chile, Messi tak bisa lagi membendung kekecewaannya.

Baca Juga:
Manajer Leicester City Beri Sinyal Kepastian Maguire ke MU Akhir Pekan Ini

"Korupsi dan wasit telah menghalangi orang menikmati sepakbola dan kedua hal itu agak merusak sepakbola," kecam Messi kala itu, seperti dilansir AFP.

Pernyataan CONMEBOL dalam laman resminya tidak menyebutkan alasan Messi dihukum. CONMEBOL cuma merujuk pasal 7.1 dan 7.2 terkait aturan disiplin.

Salah satu klausa merujuk kepada "perilaku hinaan dan ofensif atau membuat protes fitnah dalam bentuk apa pun."

Baca Juga:
Kesal Dilepas ke Cagliari, Radja Nainggolan Bakal Buat Inter Menyesal

Well, hukuman larangan main tiga bulan ini sejatinya membuat Messi hanya absen pada beberapa pertandingan persahabatan yang akan dijalani Argentina, namun tidak sampai absen pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, yang akan mulai bergulir Maret 2020 mendatang.

Argentina sendiri dijadwalkan menjalani dua pertandingan persahabatan di Amerika Serikat bulan depan, yakni melawan Chile dan Meksiko, sebelum menghadapi tuan rumah Jerman pada Oktober 2019.

Messi terpaksa absen pada tiga pertandingan tersebut, dan baru bisa membela Albiceleste --julukan Timnas Argentina-- lagi pada November mendatang.

Baca Juga:
Berambisi Menang, Persija Siapkan Skuat Terbaik Jelang Hadapi Arema FC

Load More