Rauhanda Riyantama
Para pemain Tottenham Hotspur tertunduk lesu usai kalah dari Liverpool di final Liga Champions 2018/2019. (JAVIER SORIANO / AFP)

Bolatimes.com - Tottenham Hotspur harus mengubur dalam-dalam mimpi merengkuh trofi Liga Champions. Kegagalan tersebut sekaligus memperpanjang catatan buruk tim-tim debutan yang pernah berlaga di final pada ajang ini.

Bertanding di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB, Spurs harus takluk dengan skor 0-2 atas Liverpool. Gol pembuka ke gawang Hugo Lloris dilesakkan oleh Mohamed Salah lewat titik putih pada menit ke-2.

Tertinggal satu gol, Harry Kane cs mengambil inisiatif menyerang. Namun, beberapa peluang tak kunjung berbuah gol hingga babak pertama usai.

Baca Juga:
Sabet Trofi Liga Champions, Kapten Liverpool: Tanpa Klopp, Ini Tak Mungkin

Memasuki babak kedua, Tottenham Hotspur lebih menguasai pertandingan dengan menciptakan sederet peluang emas. Sayang, justru Liverpool yang berhasil mengoyak gawang Spurs untuk kedua kalinya lewat sepakan keras Divock Origi jelang laga bubaran.

Melihat dari statistik dalam 20 terakhir, klub-klub debutan dalam final Liga Champions selalu berakhir dengan tragis. Catatan GracenoteLive menunjukkan bahwa kekalahan Tottenham Hotspur menambah panjang rentetan daftar tim debutan yang gagal meraih trofi.

Baca Juga:
Raih Gelar Liga Champions, Klopp Dipastikan Tak Jadi Minggat ke Swiss

 

Tercatat sudah enam kali beruntun setelah Valencia di 2000 (kontra Bayern Munchen adu penalti 4-5 usai 1-1); Bayer Leverkusen di 2002 (kontra Real Madrid 1-2), AS Monaco di 2004 (kontra Porto 0-3), Arsenal di 2005 (kontra Barcelona 1-2), dan Chelsea di 2008 (kontra Manchester United adu penalti 5-6 usai 1-1). Sedangkan klub debutan terakhir yang berhasil menyabet trofi pertamanya adalah Borussia Dortmund pada 1997.

Dengan kegagalan tersebut, Tottenham Hotspur lagi-lagi harus puasa gelar selama 11 tahun. Terakhir kali mengangkat trofi terjadi saat merebut gelar Piala Liga Inggris musim 2007/2008.

Baca Juga:
Jadi Pahlawan Liverpool, Salah Ukir Rekor Gol Tercepat Kedua di Final UCL

Load More