Galih Priatmojo
Ekspresi para pemain Liverpool usai menang dari Porto dan berhasil tembus ke babak semifinal Liga Champions, Kamis (18/4/2019). [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Bolatimes.com - Tak seperti rivalnya, Manchester City, perjalanan Liverpool di Liga Champions menuju semifinal cukup mulus seperti jalan tol. The Reds dipastikan tembus ke babak empat besar usai menghancurkan Porto dengan skor 4-1 pada leg kedua perempat final yang digelar di Estadio do Dragao, Kamis (18/4/2019) dini hari tadi.

Dengan kemenangan itu The Reds secara agregat unggul 6-1 atas Porto. Di leg pertama, yang digelar di Anfield, Mohamed Salah dkk menang dengan skor 2-0.

Striker Liverpool, Mohamed Salah, mencetak gol ke gawang Porto di leg kedua perempat final Liga Champions, Kamis dini hari waktu Indonesia (18/4/2019). [AFP/Paul Ellis]

Liverpool, yang tampil di hadapan lebih dari 40.000 pendukung Porto, bermain efektif. Tak menonjol dalam penguasaan bola (46 persen) dan hanya melepaskan 9 tembakan, tim racikan Jurgen Klopp itu berhasil meredam perlawanan tuan rumah.

Baca Juga:
Stres Manchester City Kalah, Admin Twitternya Bikin Kicauan Bahasa Planet

Di menit-menit awal pertandingan, Porto berkali-kali melancarkan serangan melalui Jesus Corona di sayap kiri. Sayang umpan-umpan silangnya kerap gagal dimaksimalkan oleh striker raksasa Moussa Marega.

Asyik menyerang, Porto terkejut ketika di menit 26 Sadio Mane membobol gawang Iker Casillas. Gol itu tercipta berkat umpan Salah.

Tertinggal 0-1, Porto kian giat menyerang. Tetapi serangan demi serangan yang dilancarkan lewat sayap, terus gagal membuahkan hasil. Hingga babak pertama usai, skor 0-1 tak berubah.

Baca Juga:
Permalukan Kaya FC, PSM Makassar di Puncak Klasemen Grup H Piala AFC

Di babak kedua tak banyak perubahan berarti dalam gaya bermain. Porto masih mengandalkan sayap. Liverpool menunggu lawannya lengah untuk memaksimalkan kecepatan Salah dan Mane.

Taktik Klopp itu berbuah manis. Di menit 65, lewat sebuah serangan balik cepat, Salah sukses membobol gawang Porto. Gol itu dicetaknya lewat sontekan kaki kiri, setelah menerima umpan terobosan dari Trent Alexander-Arnold.

Tertinggal 0-2, Porto akhirnya berhasil membalas di menit 69. Gol tuan rumah dicetak Eder Militao, memanfaatkan umpan Alex Telles dari sepak pojok.

Baca Juga:
Ezra Walian Ingin Liburan ke Indonesia, Pemain Manchester City Puji Bali

Tetapi skor 1-2 tak bertahan lawan. Di menit 77 keunggulan Liverpool semakin tebal, setelah Roberto Firminho, yang menggantikan Divock Origi, kembali membobol gawang Casillas.

Porto yang tertinggal 1-3 seperti kehilangan semangat di sisa laga. Sebaliknya Liverpool bermain semakin tenang. Bahkan di menit 84 bek tengah Virgil van Dijk berhasil mencetak gol lewat sundulan untuk menutup pertandingan dengan skor 1-4.

Susunan pemain:

Baca Juga:
Tampil Nyeleneh pada Pemilu 2019, Imanuel Wanggai Dikomen Netizen

Porto (4-3-3): Iker Casillas; Eder Militao, Pepe, Felipe, Alex Telles; Otavio (Tiquinho 46), Danilo Pereira, Hector Herrera; Jesus Corona (Fernando Santos 78), Moussa Marega, Yacine Brahimi (Bruno Costa 81).

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Andrew Robertson (Jordan Henderson 71), Virgil van Dijk, Joel Matip, Trent Alexander-Arnold (Joseph Gomez 66); James Milner, Fabinho, Georginho Wijnaldum; Sadio Mane, Divock Origi (Roberto Firminho 46), Mohamed Salah.

Load More