Rauhanda Riyantama
Moise Kean sukses mencetak gol penentu kemenangan Juventus atas AC Milan dalam lanjutan Serie A Italia pada Sabtu, (6/4/2019). (ISABELLA BONOTTO / AFP)

Bolatimes.com - Penyerang muda Juventus, Moise Kean, sedang hangat-hangatnya dibicarakan publik sepak bola dunia. Di usianya kini yang masih 19 tahun, ia mampu menunjukkan performa gemilang bersama Bianconeri dan Timnas Italia.

Pemain bernama lengkap Moise Bioty Kean ini lahir dari pasangan imigran asal Pantai Gading, Biorou Jean Kean dan Isabelle. Namun malang menimpa, kedua orangtuanya bercerai saat usianya masih empat tahun.

Besar dari keluarga tak utuh nan sederhana, Moise Kean nyatanya menjadi sebuah keajaiban. Lahir di Vercelli, Italia pada 28 Februari 2000, Moise Kean merupakan anak yang paling dinanti oleh keluarga, terutama sang ibu, Isabelle.

Baca Juga:
Kalah dari Everton, Pelatih Arsenal Masih Yakin Bisa Finis di Empat Besar

Bagaimana tidak, Isabelle sempat didiagnosis tak bisa hamil lagi oleh seorang dokter. Tak putus asa, Isabelle yang pernah bekerja di sebuah fasilitas perawatan melakukan berbagai usaha, hingga akhirnya Tuhan memberikannya seorang anak kedua, dan lahirlah Moise Kean.

''Apakah Anda tahu mengapa kami memanggilnya Mose (Musa) di rumah? Karena kelahirannya merupakan keajaiban. Dokter memberi tahu jika saya tak bisa lagi memiliki anak. Saya menangis dan berdoa,'' ungkapnya, seperti dikutip dari Tuttosport.

''Giovanni (kakak Kean) juga meminta saya seorang adik kecil. Pada suatu malam saya memimpikan Moses, dia datang membantu saya dan, empat bulan kemudian, saya hamil lagi,'' katanya menambahkan.

Baca Juga:
Djanur: Persebaya Vs Arema Jadi Ujian Kedewasaan Kedua Suporter

Moise Kean turut mencantumkan namanya dalam papan skor kala Timnas Italia mengalahkan Liechtenstein dalam pertandingan Grup J Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (26/3/2019). (MIGUEL MEDINA / AFP)

Pasca melahirkan, Isabelle pun pindah dan membesarkan anak-anaknya di kota Asti (55 kilometer sebelah timur kota Turin). Moise Kean pun tumbuh menjadi anak yang taat dan berbakti.

Bahkan saat pertama kali direkrut Juventus pada 2016 (level senior), Moise Kean langsung meminta sang ibu untuk tidak bekerja lagi. Ia paham betul bahwa pengorbanan ibunya sudah besar dan saatnya untuk dibalas.

''Saya bekerja di fasilitas perawatan dan terkadang bekerja di malam hari. Lalu suatu hari, dia menghubungi saya jam 17.30. Saya sedang bersiap pergi bekerja di Nizza Monferrato. Saya ketakutan, saya pikir sesuatu telah terjadi padanya,'' ujar Isabelle.

Baca Juga:
Derby Jatim di Final Piala Presiden 2019 Jadi Barometer Sepak Bola Nasional

''Justru sebaliknya, ia berkata kepada saya, 'Mama, ada kejutan untuk Anda'. Saya menjawab, 'Jangan berkata kamu tidak bergabung dengan Juve'. Dia berkata, 'Tidak Ma, saya bergabung. Anda tak perlu bekerja lagi dan anda bisa hidup bersama saya di Turin,'' imbuhnya.

Kini, perjuangan Moise Kean pun tak sia-sia. Ia mampu tampil gemilang bersama Juventus dengan torehan lima gol dari lima pertandingan terakhir, serta dua gol saat membela Timnas Italia di Kualifikasi Piala Eropa 2020.

''Kesuksesan Moise Kean telah membayar semua pengorbanan yang saya lakukan pada masa lalu,'' pungkas Isabelle.

Load More