Rauhanda Riyantama
Cristiano Ronaldo (kanan) gagal mencetak gol ke gawang Serbia, saat Portugal bermain imbang 1-1 dalam pertandingan Grub B Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Bolatimes.com - Hasil mengecewakan kembali didapat Timnas Portugal usai ditahan imbang Serbia 1-1 dalam pertandingan Grup B Kualifikasi Piala Eropa 2020. Berikut hasil lengkap babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 hingga dini hari tadi.

Bertanding di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB, Selecao das Quinas sebetulnya tampil dominan atas sang tamu. Tercatat, Cristiano Ronaldo cs berhasil membukukan 70% penguasaan bola selama 90 menit jalannya pertandingan.

Namun, Portugal mengawali laga tersebut dengan buruk. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, gawang yang dikawal oleh Rui Patricio harus kebobolan lewat penalti dari Dusan Tadic.

Baca Juga:
4 Fakta Menarik di Balik Kemenangan Timnas Indonesia atas Myanmar

Penalti tersebut diberikan wasit lantaran kiper Portugal melanggar Mijat Gacinovic yang merangsek ke dalam kotak penalti. Dusan Tadic yang maju sebagai eksekutor pun sukses membuat Serbia unggul 1-0.

Tertinggal di menit awal membuat Portugal giliran yang mengambil inisiatif menyerang. Alhasil pada menit ke-42, sepakan keras Danilo Pereira berhasil menghujam pojok kanan atas gawang Serbia. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Memasuki babak kedua, baik Portugal dan Serbia sama-sama mengincar gol kemenangan. Namun berbagai peluang gagak dikonversi menjadi gol, termasuk peluang emas dari Raphael Guerreiro di masa injury time.

Baca Juga:
14 Jam Diperiksa, Joko Driyono Keluar Pakai Rompi Tahanan

Skor 1-1 pun tak berubah hingga peluit akhir dibunyikan. Dengan hasil ini, Portugal kembali meneruskan torehan mengecewakan, setelah pada pertandingan pertama ditahan Ukraina tanpa gol.

Harry Kane sukses mencetak dua gol dalam kemenangan Inggris 5-1 atas Montenegro pada pertandingan kedua Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Pod Goricom, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP)

Sementara di pertandingan lainnya, Inggris lagi-lagi berpesta gol pada pertandingan kedua Grup A. Bermain di Stadion Pod Goricom, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB, Harry Kane cs melumat tuan rumah Montenegro dengan skor lima berbalas satu.

Montonegro yang pada laga itu kalah telak, membuat kejutan dengan mencetak gol lebih dulu pada menit ke-17. Ialah Marko Vesovic yang melesakkan gol lewat tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Baca Juga:
Taklukkan Tim Berperingkat 138 FIFA, Timnas Indonesia Urung Terkalahkan

Selang beberapa menit kemudian, Inggris membalas ketertinggalan. Harry Kane sukses mencetak gol penyeimbang setelah menyundul bola hasil sepakan Ross Barkley pada menit ke-30.

Inggris akhirnya berbalik unggul dan tak terbendung mencetak gol. Gol kemenangan besar The Three Lions masing-masing dicetak oleh Ross Barkley (39' dan 59'), Harry Kane (71'), serta Raheem Sterling (81').

Atas hasil ini, Inggris kokoh di puncak klasemen Grup A dengan enam poin hasil dua pertandingan. Pada laga pertama, anak asuh Gareth Southgate menang telak 5-0 atas Republik Ceko.

Aksi Kylian Mbappe saat Prancis menghajar Islandia dengan skor 4-0 dalam partai Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stade De France, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB. (FRANCK FIFE / AFP)

Kemenangan telak juga didapat Timnas Prancis kala menjamu Islandia pada partai Grup H. Bermain di Stade De France, Selasa (26/3/2019) dini hari WIB, kampiun Piala Dunia 2018 itu menang telak 4-0.

Les Bleus unggul cepat lewat gol Samuel Umtiti di menit ke-12. Dari situasi sepak pojok, umpan lambung Kylian Mbappe sukses disambar Umtiti dengan sundulan keras.

Tiga gol lainnya dicetak pada babak kedua. Pada menit ke-68, Olivier Giroud mampu menggandakan keunggulan Prancis setelah dengan mudah menyontek bola ke dalam gawang yang dikawal Halldorsson.

Kemudian Kylian Mbappe turut mencatatkan namanya di papan skor. Striker PSG itu sukses memanfaatkan umpan yang disodorkan Antoine Griezmann pada menit ke-78.

Memasuki menit ke-84, giliran Kylian Mbappe yang memberikan assist untuk Antoine Griezmann. Sontekannya mampu menembus gawang dan terjadilah gol keempat.

Dengan hasil ini, Prancis memimpin Grup H berbekal enam poin dari dua laga, unggul selisih gol atas Turki di posisi kedua.

Berikut hasil lengkap babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 dini hari tadi.

Grup A

Kosovo 1
Bulgaria 1

Montenegro 1
Inggris 5

Grup B

Portugal 1
Serbia 1

Luxembourg 1
Ukraina 2

Grup H

Turki 4
Moldova 0

Andorra 0
Albania 3

Prancis 4
Islandia 0

Load More