Galih Priatmojo
Philippe Coutinho/Instagram

Bolatimes.com - Apa persamaan dari Mascherano, Luis Suarez dan Philippe Coutinho? Mereka adalah eks pemain Liverpool yang kemudian berseragam Barcelona. Namun, jangan berharap selepas Coutinho bakal ada lagi pemain Liverpool yang merapat ke markas Catalan.

Liverpool bisa dibilang tim yang turut menyokong penampilan apik dari Barcelona. Tiga pemain yang disebutkan di atas merupakan pemain penting sepanjang kariernya di Camp Nou.

Coutinho yang menjadi rekrutan anyar pun juga menjadi pemain penting bagi Barcelona. Tak main-main diboyong dari Anfield pada awal 2018 dengan bandrol sebesar 120 juta euro, pemain asal Brasil itu didapuk jadi pengganti sang maestro Andres Iniesta di barisan tengah Barcelona.

Baca Juga:
Hari Rabu Libur Buat Nonton PSS Sleman Ternyata HOAX

Ia pun menjawab tantangan pelatih Ernesto Valverde dengan hasil keren. Tercatat ia turut membantu Barcelona memenangi La Liga 2017/2018. Di setengah musim awal pun ia melewatinya dengan mulus. Sebanyak 8 gol tercipta dari kakinya di ajang La Liga.

Namun, Coutinho dipastikan jadi yang terakhir sebagai pemain Liverpool yang hijrah ke Barcelona. Hal ini terutama lantaran ada klausul aneh yang disepakati di antara kedua klub besar tersebut.

Dikutip dari Cadena Ser, ada sebuah klausul khusus aneh yang membuat Barcelona tidak bisa membeli pemain dari Liverpool. Klausul ini adalah bagian dari kesepakatan transfer Philippe Coutinho awal tahun 2018.

Baca Juga:
Tagar PSSday Rajai Twitter, Duta Sheila on 7 Doakan PSS Menang

Dalam kesepakatan tersebut, Barcelona juga berjanji untuk tidak lagi membeli pemain dari Liverpool secara langsung. Kesepakatan tersebut akan berlaku hingga tahun 2021 atau sampai tiga tahun yang akan datang.

Kesepakatan ini diambil karena pihak Liverpool tak ingin pemainnya kembali dibajak oleh Barcelona. Sebab, bagi hampir setiap pemain, menolak pinangan Barca adalah pilihan yang sulit. Kasus transfer Coutinho contohnya.

Barcelona saat ini dikabarkan tengah mengintai dua pemain bintang yang bermain di Liverpool. Dua pemain tersebut yakni Sadio Mane dan Roberto Firminio. Firmino bakal diplot untuk jadi pengganti Luis Suarez.

Baca Juga:
Meski Menang, Allegri Akui Pertahanan Valencia Terbaik di La Liga

Hanya saja, jika klausul aneh soal kesepakatan tidak membeli pemain Liverpool hingga 2021 berlaku, maka Barcelona tidak bisa membeli Mane dan Firmino. Kondisi ini tentu bakal menguntungkan untuk Liverpool yang tidak perlu cemas ditinggal pemain bintangnya.

Load More