Galih Priatmojo
Pemain Arema FC, Hendro Siswanto pingsan saat melawan Persipura Jayapura

Bolatimes.com - Sebuah kejadian mengerikan menimpa salah satu penggawa Arema FC, Hendro Siswanto kala melakoni pertandingan menghadapi Persipura Jayapura pada lanjutan pekan ke-23 Liga 1 2018 akhir pekan lalu. Mantan pemain Persela Lamongan itu nyaris tewas usai kepalanya berbenturan dengan Immanuel Wanggai di menit ke-46.

Benturan keras itu membuat Siswanto langsung tak sadarkan diri dan tergeletak di lapangan. Lidahnya pun sempat tertelan. Beruntung sesama rekannya di lapangan segera memberi pertolongan pertama dibantu petugas medis yang dengan sigap langsung membawa Hendro menuju rumah sakit terdekat.

Terkini, Hendro Siswanto dikabarkan kondisinya mulai membaik. Dalam foto yang diunggah oleh Immanuel Wanggai, terlihat Hendro sudah dalam kondisi baik. Wanggai pun sempat meminta maaf atas kejadian yang membuat Hendro tak sadarkan diri.

Baca Juga:
5 Fakta Jelang Duel Klasik Persib Bandung vs Persija Jakarta

Kejadian nyaris tewas yang menimpa pemain sepak bola nyatanya bukan kali ini saja terjadi. Di Liga 1 sendiri, sebelum Hendro Siswanto sejumlah pemain juga sempat mengalami kondisi serupa sebut saja Hilton Moreira yang juga mengalami kondisi serupa tak sadarkan diri hingga lidahnya hampir tertelan.

Nah berikut ini sejumlah pemain sepak bola yang nyaris tewas di lapangan.

Fernando Torres

Baca Juga:
Persija Yakin Bisa Redam Persib Bandung, Ini Modal Mereka

Peristiwa mengerikan ini terjadi pada musim lalu, ketika Torres masih memperkuat Atletico Madrid. Kala itu Atletico Madrid tengah bertanding menghadapi Deportivo La Coruna.

Torres kala itu mengalami cedera parah di kepala setelah salah jatuh usai berduel dengan salah seorang pemain Deportivo.

Saat jatuh, kepala Torres lebih dulu membentur lapangan. Mantan penggawa Chelsea itu langsung tak sadarkan diri. Para pemain yang melihat kejadian itu kontan saja panik. Mereka dengan segera membuka mulut Torres agar bisa bernafas.

Baca Juga:
PSSI Anniversary: Timnas U-19 Sangat Siap Lawan Thailand

Fernando Torres nyaris tewas (Dok. givemesport/Galih)

Beberapa pemain Atletico juga terlihat menangis melihat keadaan Torres. Eks pemain Liverpool itu kemudian langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Beruntung hasil pemeriksaan menunjukkan pemain berusia 32 tahun itu baik-baik saja.

Torres juga sudah berkicau ke Twitter. Dia berterima kasih atas simpati yang mengalir dari fan dan rekan-rekannya sesama pesepakbola.

Oleg Gusev

Baca Juga:
Air Mata Para Legenda Chelsea saat Melihat Jose Mourinho Pergi

Pemain Dynamo Kiev ini nyaris tewas ketika melakoni laga lanjutan Liga Ukraina menghadapi Dnipro Dnipropetrovsk. Saat itu Oleg tak sadarkan diri setelah kepalanya berbenturan dengan lutut kiper Dnipro, Denis Boyko.

Seketika Gusev roboh di tanah dan tak bergerak. Tapi beruntung kondisi buruk itu langsung diketahui oleh salah satu pemain lawan, Jaba Kankava. Sambil berteriak panik, pemain Dnipro itu menghampiri Gusev untuk memberikan pertolongan.

Oleg Gusev nyaris tewas (youtube/Galih)

Diberitakan Dirty Tackle, Kankava secara spontan membuka mulut Gusev dan menarik lidahnya yang masuk ke tenggorokan. Tanpa tim medis yang berada jauh dari lokasi kejadian, dia kemudian memberikan nafas buatan sehingga gelandang Kiev tersebut sadarkan diri.

Usai selamat dari maut, Gusev langsung dibawa oleh ambulan ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan penanganan lebih lanjut. Pada pertandingan tersebut kubu Dnipro menang 2-0. Sementara dalam laporan di situs resmi klub, kubu Kiev yang kalah menuliskan kalimat ''nyawa seseorang lebih penting dari segalanya.''

John Terry

John Terry, juga nyaris meregang nyawa saat melawan Arsenal dalam pertandingan EFL Cup di tahun 2007. Kala itu Terry hendak menyundul bola, namun kaki Abou Diaby tak sengaja menendang kepalanya dan membuat Terry tak sadarkan diri.

John Terry nyaris tewas (Dok. Dailymail.co.uk/Galih)

Meskipun begitu, beberapa pemain dari kedua kesebelasan pun tampil sigap dengan mencoba untuk menarik-narik lidah sang kapten, dan beberapa staf pun hadir untuk memberikan bantuan. Hal tersebut pun berhasil menyelamatkan nyawa Terry.

Hilton Moreira

Penyerang Persipura Jayapura asal Brasil, Hilton Moreira mengalami benturan keras dengan kiper PSM Makassar, Rivky Mokodimpit pada menit ke-38 di putaran pertama Liga 1 2018 lalu. Akibat benturan tersebut lidah Hilton tertelan.

Melihat kejadian itu Bek PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaeman dengan cekatan dan sigap langsung membuka mulut Hilton dan menarik lidahnya agar kembali seperti semula.

Pemain Persipura Jayapura, Hilton Moreira (Sumber: Dok Liga 1)

Berkat aksi heroik Abdul Rahman dan tim medis yang langsung berlari menyelamatkan Hilton, nyawa mantan pemain Sriwijaya FC itu bisa terselamatkan. Usai kejadian yang membuatnya nyaris tewas, Hilton langsung ditandu ke mobil ambulan dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Load More