Stephanus Aranditio
Pemain timnas Korea Selatan saat merayakan keberhasilan timnya meraih medali emas setelah mengalahkan tim seoak bola Jepang pada Babak Putra Pertandingan Medali Emas Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/09). (ANTARA FOTO/Charlie)

Bolatimes.com - Timnas Korea Selatan berhasil meraih emas di cabang sepak bola pria Asian Games 2018 Jakarta-Palembang setelah mengalahkan Jepang dengan skor tipis 2-1 pada partai final di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (1/9/2018).

Tambahan medali emas pada malam itu menjadi medali emas kelima Korea Selatan, artinya skuat berjulukan Ksatria Taeguk dinobatkan sebagai negara dengan koleksi emas terbanyak sepanjang sejarah cabor sepak bola pria Asian Games 2018.

Berikut sejarah medali emas timnas Korea Selatan di Asian Games:

Baca Juga:
Mourinho Bantah Larang MU Datangkan Cristiano Ronaldo

1. Asian Games 1970

Medali emas pertama Korsel didapatkan pada 1970, kala itu pertandingan digelar di Suphachalasai Stadium, Bangkok, Thailand pada 20 Desember 1970. Korea Selatan saat itu dilatih oleh Han Hong-Ki.

Partai final Asian Games 1970 mempertemukan Korsel vs Burma, pertandingan yang dihadiri 30.000 penonton itu berjalan sengit hingga 120 menit laga tak ada gol tercipta sehingga keduanya diputuskan menjadi juara dan berbagi emas.

Baca Juga:
Hasil Lengkap Serie A Pekan Ketiga, Juventus Belum Terkalahkan

2. Asian Games 1978

Medali kedua didapatkan pada 1978, De Javu 1970 partai final Asian Games edisi kedelapan ini juga digelar di Suphachalasai Stadium pada tanggal yang sama yakni 20 Desember 1970. Saat ini Korsel dilatih Ham Heung-chul

Namun, lawannya kali ini adalah saudara Korsel sendiri yaitu Korea Utara yang berakhir imbang 0-0 dan keduanya harus berbagi medali emas.

Baca Juga:
Ciiee, MU dan Arsenal Kompak Petik Kemenangan di Pekan Keempat

Korsel sebenarnya sempat mencetak gol pada menit ke-13 yang dicetak oleh Oh Seok-jae, namun dianulir oleh wasit asal Kuwait, Ali Albannai Abdulwahab yang menilai sudah terjadi pelanggaran sebelum terciptanya gol.

3. Asian Games 1986

Medali ketiga dirayakan di tanah air sendiri saat Korea Selatan menjadi tuan rumah Asian Games 1986. Final cabor sepak bola pria kala itu digelar di Stadion Olympic, Seoul pada 5 Oktober 1986. 

Baca Juga:
Pekan Ketiga Serie A, Juventus Masih Duduk Manis di Puncak

Timnas Korsel yang dilatih oleh Kim Jung-nam berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0 di partai final, gol Korea Selatan dicetak oleh Cho Gwang-rae (7') dan Byun Byung-joo (84').

Kemenangan ini membuat Korea Selatan berhasil meraih medali emas pertama tanpa harus berbagi emas dengan finalis lainnya.

4. Asian Games 2014

Lagi-lagi emas dirayakan timnas Korea Selatan di tanah sendiri, final Asian Games 2014 digelar di Stadion Munhak, Incheon, Korea Selatan pada 2 Oktober 2014. 

Timnas Korea Selatan saat merayakan emas Asian Games 2014 di Stadion Munhak, Incheon (AFP)

Timnas Korea Selatan yang diasuh Lee Kwang-jong sukses mengamankan emas keempat setelah mengalahkan Korea Utara dengan skor tipis 1-0 lewat drama 120 menit.

Gol dramatis diciptakan Rim Chang-woo pada menit ke-120+1 setelah berhasil memaksimalkan kemelut di depan gawang Korea Utara dalam situasi sepak pojok.

5. Asian Games 2018

Timnas Korea Selatan menyanyikan lagu kebangsaan sebelum bertanding melawan tim sepak bola Vietnam pada babak Semifinal Asian Games 2018 di Stadion Pakan Sari, Bogor, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Dhemas Reviyanto)

Kini, Korea Selatan memastikan diri sebagai raja asia di Asian Games di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (1/9/2018) mereka berhasil menyabet medali emas kelima mengalahkan Iran yang sudah mengoleksi empat emas.

Skuat asuhan Kim Hak-bum berhasil mengalahkan Jepang dengan skor tipis 2-1. Dua gol yang dicetak oleh Lee Seung-woo (93') dan Hwang Hee-chan (101') berkat dua assist dari bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min memastikan Korsel menjadi raja di Asian Games.

Load More