Stephanus Aranditio | Irwan Febri Rialdi
Park Hang-seo, pelatih Timnas Vietnam U-23. (Emmanuel Dunand/AFP).

Bolatimes.com - Publik Vietnam tengah berbahagia. Pasalnya, skuat Timnas Vietnam U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Asian Games 2018 setelah menjungkalkan Timnas Suriah U-23 dengan skor tipis 1-0, Senin (27/8/2018).

Prestasi tersebut menjadi sejarah baru bagi Vietnam yang pertama kalinya melaju ke babak empat besar Asian Games 2018. Sebelumnya, baik timnas senior maupun Timnas U-23 Vietnam belum pernah melaju ke babak delapan besar Asian Games sejak keikusertaan mereka pertama kali pada 1978.

Namun, keberhasilan pasukan Paman Ho itu tak bisa lepas dari peran Park Hang-seo, pelatih cerdik dari Korea Selatan. Beberapa waktu yang lalu ia juga membuktikan kemampuan dengan mengantarkan anak asuhnya melaju ke final Piala Asia U-23 2018.

Baca Juga:
Kocak, Seorang Pendukung Cilik Ganggu Laga Marseille vs Rennais

Timnas Vietnam U-23 saat merayakan kemenangan atas Suriah di babak 8 besar Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP).

Terkait hal tersebut, berikut Bolatimes.com menyajikan empat fakta dari Park Hang-seo, dalang dari kebangkitan sepak bola Vietnam.

1. Raih prestasi dalam waktu singkat

Park Hang-seo resmi menangani Timnas senior dan U-23 Vietnam sejak Oktober 2017. Baru dua bulan menangi Vietnam, ia langsung mengantarkan Vietnam ke final Piala Asia U-23 2018.

Baca Juga:
Hilangnya Kekuatan Old Trafford Sejak Sir Alex Ferguson Pergi

Kini, 10 bulan kemudian, Park membuat publik Vietnam bangga dengan kembali berbicara banyak di Asian Games 2018.

2. Mantan asisten Guus Hiddink

Park Hang-seo adalah salah satu otak di balik keberhasilan Timnas Korsel yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2002. Ketika itu, Park menjadi asisten Guus Hiddink yang menjadi pelatih kepala.

Baca Juga:
Juventus Resmi Rekrut Cristiano Ronaldo Junior

3. Pernah memenangkan medali perunggu di Asian Games bersama Korea Selatan U-23

Sukses bersama Guus Hiddink, Park Hang-seo mendapat mandat untuk menangani Korea Selatan U-23 yang belaga di Asian Games 2002.

Hasilnya pun cukup menggembirakan. Ia sukses mempersembahkan medali perunggu bersama skuat Negeri Gingseng muda di Busan, Korea Selatan.

Baca Juga:
Tiga Pemain Korsel yang Wajib Diwaspadai Vietnam di Semifinal

4. Target Park Hang-seo masih berlanjut di Piala AFF 2018

Park Hang-seo mendapat target yang tidak mudah dari VFF (federasi sepak bola Vietnam). Ia dikontrak untuk menemani Vietnam senior dan U-23 di ajang Piala Asia U-23, Asian Games 2018, dan Piala AFF 2018.

Dua target awal telah dilaksanakan dengan sangat baik. Kiprah Park Hang-seo di Piala AFF 2018 akan memberi sinyal untuk para negara yang berhasrat memnangkan gelar seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Load More