Stephanus Aranditio
Cristiano Ronaldo menunjukan gesture VAR (Sumber: Twitter)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Seluruh Dunia (FIFA) mengaku puas dengan kinerja pelatih sepanjang Piala Dunia 2018 di Rusia, terlebih penggunaan Video Assistant Referee yang dinilai sukses oleh FIFA.

“Kami mengatakan kami ingin ini menjadi Piala Dunia terbaik yang pernah ada dan benar menjadi Piala Dunia terbaik yang pernah ada. Peran penting dalam pencapaian ini dimainkan oleh wasit yang unggul dengan penampilan standar tertinggi," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

FIFA juga merasa senang dengan respon para suporter, pemain, pelatih, hingga wasit terhadap VAR yang baru pertama kali digunakan di Piala Dunia itu, FIFA mengklaim semua pihak menerima keputusan mengadakan VAR di Piala Dunia.

Baca Juga:
Hindari Paparazi, Cristiano Ronaldo Bayar Staf Hotel Rp 340 Juta

Dari 64 pertandingan di Piala Dunia 2018, total 20 kali wasit memutuskan untuk melihat tayangan VAR untuk membantu dirinya membuat sebuah keputusan.

Sementara di ruang VAR, wasit VAR tercatat mengecek 455 insiden yang jik dirata-rata 7,1 kali wasit VAR mengecek insiden di monitor dalam satu pertandingan.

Sistem VAR/Hitekno.com

 Wakil Sekretaris Jenderal FIFA, Zvonimir Boban, yang mengawasi keseluruhan proyek VAR, menggarisbawahi pentingnya penggunaan teknologi video revolusioner untuk sepak bola.

Baca Juga:
Persebaya Berniat Kembali Datangkan Pemain Asing

“Seperti yang dikatakan oleh Presiden FIFA, VAR tidak mengubah sepak bola, itu untuk membersihkan sepak bola, dan ini adalah tujuan utama kami ketika kami memulai proyek VAR bersama dengan IFAB. Persiapan di semua lini, baik sebelum dan selama turnamen, terkoordinasi dan dipandu oleh ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina dan Direktur Wasit FIFA, Massimo Busacca, telah membuahkan hasil luar biasa dan saya bangga telah menjadi bagian dari tim ini,” kata Boban.

Boban tak memungkiri masih ada perdebatan soal VAR itu sendiri dari berbagai pihak, namun ia berharap semua pihak terkait mulai memahami perubahan dan peraturan baru yang ada soal VAR.

Baca Juga:
Kisah di Balik Tato Gareth Southgate di Lengan Fan Inggris Ini

"Sangat bagus jika telah ada diskusi yang tersebar luas, tetapi hanya perlu memahami sepenuhnya hukum permainan dan prosedur VAR untuk memberikan kredibilitas untuk diskusi ini," tambah Boban.

Dengan membangun kesuksesan perwasitan dan penggunaan VAR di Piala Dunia, FIFA akan melanjutkan upayanya untuk meningkatkan dan mengembangkan standar perwasitan secara keseluruhan dan membantu semua asosiasi anggota dan liga yang ingin menerapkan VAR dalam kompetisi mereka.

Baca Juga:
VIDEO: Kocak! Batshuayi Terkena Demam In My Feelings Challenge

Load More