Agung Pratnyawan | Rauhanda Riyantama
Timnas Brasil harus menelan kekalahan dari Belgia di babak perempat final Piala Dunia 2018. [AFP]

Bolatimes.com - Baru-baru ini sempat beredar video bus timnas Brasil yang dikabarkan dilempari telur --juga disebut dilempari batu-- oleh suporternya di jalanan. Isu itu pun dengan cepat menyebar luas di media sosial.

Menjadi hangat, karena cukup banyak media yang memberitakan isu ini, termasuk sejumlah situs berita internasional. Rata-rata mengaitkan atau menyebut bahwa (video) aksi pelemparan itu dipicu hasil buruk timnas Brasil di Piala Dunia 2018.

Memang diketahui, pada edisi Piala Dunia kali ini, Brasil hanya mampu melangkah sampai babak perempat final saja. Usai dipermalukan 1-2 oleh Belgia di Kazan Arena, Jumat (6/7/2018), timnas Brasil harus rela pulang lebih awal.

Baca Juga:
Gabung PSG, Lantas Kapan Buffon Pensiun?

Berikut video yang disebut memperlihatkan pelemparan terhadap bus skuat Brasil, yang belakangan beredar di media sosial tersebut.

 

 

Baca Juga:
PSG Siap Bajak Coutinho dari Barcelona dengan Harga Fantastis

Nyatanya, berdasarkan hasil penelusuran lebih lanjut, video tersebut ternyata hoax (palsu), atau tepatnya tidak berhubungan dengan timnas Brasil. Pasalnya, video serupa sudah pernah tayang dan beredar di internet sejak Maret 2018 silam, atau sekitar tiga bulan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai.

Video itu sendiri antara lain bisa ditemukan melalui channel ShowTube Brazil di Youtube. Berikut videonya.

Baca Juga:
Buffon: Matuidi Bujuk Saya Berseragam PSG

 

Bantahan atas "video pelemparan bus timnas Brasil" itu pun belakangan sudah dilakukan sejumlah media, antara lain seperti Sputniknews, FourFourTwo, juga Standardmedia untuk global, juga oleh beberapa portal olahraga di Indonesia.

Standard misalnya, merujuk pula pemberitaan Reuters soal kedatangan timnas Brasil di Rio de Janeiro yang ternyata disambut hangat sejumlah besar warga. Bahkan disebut juga bahwa beberapa pemain Brasil sempat memberi tanda tangan dan foto bersama dengan penggemar, serta ada ungkapan terima kasih dari pelatih Tite atas dukungan warga Brasil.

Baca Juga:
BREAKING NEWS - Barcelona Umumkan Kedatangan Arthur Melo

Philippe Coutinho saat tiba bersama rombongan timnas Brasil dan disambut sejumlah warga di Bandara Internasional Galeao, Rio de Janeiro, Minggu (8/7/2018). [Mauro PIMENTEL / AFP]

Memang, belum ditemukan ulasan lebih detail soal video aslinya, namun tampaknya itu adalah video aksi massa terkait peristiwa politik di negeri itu beberapa bulan lalu.

Jika merujuk pada caption atau keterangan di saluran ShowTube Brazil yang menayangkan video itu 26 Maret lalu, yakni "Onibus do PT vira omelete na chegada de Lula a Foz do Iguacu (PR)", maka diketahui bahwa ini adalah video aksi pelemparan telur (oleh massa) terhadap bus PT (Partai Buruh Brasil) terkait kedatangan Lula di Foz do Iguacu.

Untuk diketahui, Foz do Iguacu adalah sebuah kota di Negara Bagian Parana, sebelah selatan Brasil, yang berada dekat perbatasan Paraguay dan Argentina --alias cukup jauh dari Rio de Janeiro. Sementara "Lula" yang dimaksud tak lain adalah Luiz Inacio Lula da Silva, mantan Presiden Brasil dua periode yang bermasalah hukum terkait kasus korupsi dan belakangan akhirnya divonis penjara, namun pada sekitar Maret itu justru sedang coba berkampanye untuk mencalonkan diri kembali.

Pemberitaan yang mengutip atau menyantumkan langsung video terkait sejauh ini sulit ditemukan. Namun baik di media internasional maupun lokal Brasil, ada banyak sekali pemberitaan soal bus-bus rombongan sang mantan presiden atau pendukungnya yang diserang massa (publik) di berbagai wilayah saat itu.

Load More