Galih Priatmojo
Timnas Brasil/Instagram

Bolatimes.com - Tim unggulan Piala Dunia 2018, Brasil akhirnya memastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup E. Hasil itu dipastikan setelah Brasil sukses membungkam Serbia dengan skor 2-0 di partai pamungkas.

Pada laga yang dihelat di Spartak Stadium, Kamis (28/6/2018) dini hari WIB, Paulinho membuat Brasil memimpin di babak pertama. Thiago Silva menggandakan keunggulan di babak kedua.

Dengan kemenangan tersebut, Brasil meraih tujuh poin dari tiga pertandinganya dan menjadi juara Grup E. Sementara Serbia harus tersingkir setelah berada di posisi ketiga setelah hanya meraih tiga poin.

Baca Juga:
Tanpa Egy, Timnas U-19 Petik Kemenangan di Uji Coba Ketiga

Sedangkan Swiss akan mendampingi Brasil ke babak 16 besar sebagai runner up Grup E. Swiss finish di posisi kedua klasemen setelah meraih lima poin setelah bermain imbang 2-2 dengan Kosta Rika.

Kedua tim langsung mencoba menekan di awal pertandingan. Brasil lebih dulu mengancam lewat sepakan Philippe Coutinho di kotak penalti namun tendangannya masih mampu diblok di menit ke-2.

Baca Juga:
Babak Pertama Grup E: Brasil dan Swiss Unggul 1-0

Kembali Brasil menekan pertahanan Serbia lewat serangan cepatnya dan Neymar memberikan umpan ke kotak penalti lawan, namun Gabriel Jesus sudah tertangkap offside.

Brasil lebih banyak menekan dari sisi kiri lewat Neymar namun masih dapat diredam pemain belakang Serbia. Pada menit ke-10 Marcelo harus digantikan Filipe Luis karena cedera.

Sementara tekanan-tekanan yang dilakukan Serbia belum mampu memberikan ancaman serius ke gawang Brasil. Pada menit ke-14, tembakan kaki kiri Filip Kostic dari luar kotak penalti masih dapat diblok.

Baca Juga:
Rayakan Kemenangan, Pemain Argentina Bernyanyi Bersama

Brasil kembali mencoba membuka serangan menghadapi pemain Serbia yang cukup disiplin menjaga pertahanannya. Neymar sempat melepaskan sepakan ke depan gawang namun kiper Vladimir Stojkovic masih dapat menghalaunya.

Selecao masih terus menekan namun usaha Gabriel Jesus di depan gawang masih dapat diblok pemain Serbia di menit ke-29. Brasil masih unggul dalam penguasan bola hingga menit ke-30.

Sementara Serbia juga memberikan tekanan ke pertahanan Brasil. Sebuah peluang dimiliki oleh Serbia setelah Aleksandar Mitrovic melepaskan sepakan balik badan namun masih melambung di menit ke-34.

Baca Juga:
Jerman Perpanjang Reputasi Kutukan Juara Piala Dunia

Namun, Brasil akhirnya memimpin lebih dulu lewat gol Paulinho di menit ke-36. Sudah berhadapan dengan Vladimir Stojkovic, Paulinho dengan cerdik melambungkan bola ke atas kiper dan masuk ke dalam gawang.

Gol tersebut tentu saja disambut gembira para suporter Brasil di di Spartak Stadium. Sementara Serbia mencoba membalas ketertinggalannya tersebut, namun tendangan Dusan Tadic masih melambung di atas gawang Brasil,

Sementara Brasil memiliki peluang di akhir babak pertama namun tembakan kaki kanan Neymar masih melenceng dari sasaran. Hingga turun minum skor masih tetap 1-0 bagi Brasil.

Brasil mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua, namun ancaman berbahaya lebih dulu dimiliki oleh Serbia lewat tembakan kaki kanan Sergej Milinkovic-Savic namun masih dapat diblok di menit ke-55.

Dua menit berselang, Brasil memiliki peluang lewat Neymar setelah mendapatkan umpan terobosan dari Coutinho. Namun sepakan Neymar yang sudah mengarah ke gawang masih dapat diblok Vladimir Stojkovic.

Setelah itu, Serbia mencoba melakukan tekanan dan serangan berbahaya ke gawang Brasil. Sundulan Aleksandar Mitrovic masih dapat diblok di menit ke-61.

Dua menit kemudian datang ancaman datang Sergej Milinkovic-Savic dari tengah kotak penalti namun sundulannya masih melebar setelah menyambut umpan Dusan Tadic.

Kiper Brasil, Alisson juga harus bekerja keras setelah mengamankan gawangnya menangkap bola hasil sundulan Aleksandar Mitrovic dari tengak kotak penalti di menot ke-65.

Namun, Brasil masih dapat lepas dari tekanan Serbia. Bahkan Selecao mampu unggul 2-0 di menit ke-69 lewat sundulan Thiago Silva setelah menyambut sepak pojok dari Neymar.

Setelah gol Thiago Silva, Brasil mencoba menambah serangannya. Usaha Coutinho lewat sepakan kaki kanannya memanfaatkan umpan Neymar masih dapat diblok.

Peluang Brasil lewat sepakan kaki kiri Filipe Luís dari luar kotak penalti masih dapat diamankan Vladimir Stojkovic di menit ke-71. Sedangkan tembakan kaki kanan Casemiro masih melambung di atas gawang.

Sementara crossing Willian gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Neymar setelah tendangannya masih berada di atas gawang. Peluang Neymar lainnya yang sudah berada di depan gawang masih dapat dihalau oleh Stojkovic.

Serangan masih terus dilakukan oleh Brasil. Namun hingga wasit meniupkan peluit panjang Brasil masih tetap dapat mempertahankan keunggulannya 2-0 dan memastikan lolos ke babak 16 besar.

Load More