Galih Priatmojo
Islandia vs Kroasia/Instagram

Bolatimes.com - Perjuangan Islandia untuk lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2018 akhirnya harus terhenti. Menghadapi Timnas Kroasia pada matchday pamungkas Grup D di Rostov Arena, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB, Gylfi Sigurdsson dan kawan-kawan tumbang dengan skor 1-2.

Meski tampil full team, sementara Kroasia melakukan rotasi pemain besar-besaran lantaran sudah mengamankan tiket ke fase gugur, Islandia praktis tak bisa berbuat banyak.

Kroasia unggul lebih dulu lewat gol gelandang Milan Badelj di menit 53. Sigurdsson sempat menghidupkan asa Islandia usai mencetak gol via titik putih di menit 76.

Baca Juga:
Javier Mascherano Tampil Berdarah-darah Saat Hadapi Nigeria

Namun, gol Ivan Perisic di menit 90 mengubur asa StrĂ¡karnir okkar -julukan Timnas Islandia- untuk mengukir sejarah dengan lolos ke babak 16 besar pada debut mereka di pentas Piala Dunia. 

Babak Pertama

Kroasia yang melakukan rotasi pemain besar-besaran di partai ini, mendapatkan kans pertama pada menit 19. Tendangan gelandang Real Madrid Mateo Kovacic dari luar kotak penalti masih bisa diblok barisan belakang Islandia. Sangat disayangkan, pasalnya sepakan Kovacic sejatinya cukup keras dan terarah.

Baca Juga:
Lolos dari Situasi Sulit, Akankah Sihir Messi Masih Berlanjut?

Islandia gantian mengancam di menit 28. Sundulan Bjorgvin Magnusson meneruskan umpan tendangan sudut masih melebar dari gawang Kroasia yang kali ini dikawal kiper kedua Lovre Kalinic.

Menit 35, Islandia mendapatkan peluang beruntun. Birkir Bjarnason melakukan percobaan meneruskan umpan Aron Gunnarsson, tapi arahnya belum tepat ke sasaran. Usaha Bjarnason tak lama berselang juga masih bisa diblok.

Kroasia kemudian mendapat kesempatan di menit 37. Tendangan winger Inter Milan Ivan Perisic masih melebar, begitu pula dengan tembakan kapten Luka Modric tiga menit kemudian.

Baca Juga:
Maradona Acungkan Jari Usai Argentina Dipastikan Lolos 16 Besar

Di injury time babak pertama, Islandia hampir membuka keunggulan. Bjarnason melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun bola masih bisa diantisipasi Kalinic.

Sepakan jarak jauh Gunnarsson juga bisa diantisipasi dengan baik oleh Kalinic di penghujung paruh pertama.

Alih-alih mencetak gol, Islandia malah kebobolan di awal babak kedua. Padahal, di titik ini mereka mulai bisa kembali menguasai permainan. Islandia kecolongan gol Badelj di menit 53, yang sekaligus membawa Kroasia unggul 1-0.

Baca Juga:
Babak Pertama Grup D, Islandia Bermain Imbang 0-0 Hadapi Kroasia

Dalam kondisi tertinggal, Islandia kemudian tampil lebih ngotot dan bermain lebih terbuka. Pada menit 75, Islandia mendapat hadiah penalti setelah Dejan Lovren yang masuk sebagai pemain pengganti, melakukan handsball di kotak terlarang.

Sigurdsson yang ditunjuk sebagai eksekutor pun sukses menunaikan tugasnya tanpa cela. Bintang Everton itu berhasil memperdaya Kalinic. Skor kini 1-1.

Keasyikan menyerang, Islandia kembali kecolongan di penghujung laga. Kroasia kembali unggul. Gol dicetak Perisic di menit pamungkas waktu normal memaksimalkan umpan Badelj. Kroasia pun menutup laga dengan kemenangan 2-1.

Dengan kemenangan ini, Krosia lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup D dengan raihan poin sempurna alias sembilan poin dari tiga laga. Sementara itu, Islandia dipastikan tersingkir usai finis sebagai juru kunci dengan raihan satu poin dari tiga pertandingan.

Susunan Pemain

Islandia XI (4-2-3-1): Halldorsson; Saevarsson, Ragnar Sigurdsson/Siguradarson, Ingason, Magnusson; Hallfredsson, Gunnarsson; Bjarnason/Traustason, Gylfi Sigurdsson, Johann Gudmundsson; Finnbogason/Albert Gudmundsson.

Kroasia XI (4-2-3-1): Kalinic; Pivaric, Caleta-Car, Corluka, Jedvaj; Badelj, Modric/Bradaric; Perisic, Kovacic/Rakitic, Pjaca/Lovren; Kramaric.

Load More