Galih Priatmojo
Timnas Kolombia. (Sumber: Twitter/@FIFAWorldcup)

Bolatimes.com - Momentum Piala Dunia 2018 kembali dimanfaatkan untuk mengelabuhi aksi tindak kejahatan. Setelah terbongkarnya kasus penyelundupan narkoba melalui suvenir replika trofi Piala Dunia yang terbongkar di Argentina, kini giliran jersey Kolombia yang dijadikan kamuflase aksi perdangangan barang haram tersebut.

Dilansir dari Mirror, polisi di bandara El Dorado Bogata telah menyita 70 kilogram kokain yang telah diresapi ke jersey sepak bola Kolombia.

Petugas anti-narkotika setempat menemukan paket mencurigakan di terminal udara dalam perjalanan ke Eropa. Dalam paket tersebut petugas mendapati sebanyak 14 kaos sepak bola Adidas resmi yang telah disisipi kokain.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2018 - Uruguay dan Rusia Lolos

Awalnya petugas sempat tak menemukan sesuatu hal mencurigakan mengenai paket yang telah dikirim dari kota Barranquilla ke Groningen di Belanda. Namun melalui investigasi mendalam dan menyeluruh ditemukan sebuah benda mencurigakan di dalam paket tersebut yang diketahui mengandung zat ilegal.

Lewat sejumlah tes diketahui sebuah modus baru bahwa jersey Timnas Kolombia yang terdapat di dalam paket tersebut telah disisipi zat terlarang yang mengandung kokain hidroklorida.

Jersey Kolombia

Modus yang tergolong baru ini dilakukan dengan cara menuangkan kokain cair ke dalam kain pakaian. Cara ini dilakukan utamanya adalah untuk mengelabuhi petugas di bandara.

Baca Juga:
Spanyol dan Portugal Lolos ke Babak 16 Besar Secara Dramatis

Komandan Skuad Anti Narktika di Bandara El Dorado, Wilson Liza Ramirez mengatakan penyelundup mengambil keuntungan dari demam sepakbola Piala Dunia.

"Para pedagang narkoba tidak berhenti dalam upaya mereka untuk menyelundupkan narkoba dengan menggunakan metode alternatif untuk mengalihkan perhatian pihak berwenang. Pada kesempatan ini, ketika demam sepakbola di seluruh dunia mencapai puncaknya, mereka memanfaatkan gairah penggemar untuk tim nasional kami. Sungguh menyedihkan kemeriahan sepak bola terkontaminasi dengan kokain," ungkapnya.

Dia menegaskan, penyelidikan soal kasus penyelundupan kokain ini terus dilakukan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab.

Baca Juga:
Babak Pertama Grup B, Spanyol Tahan Imbang Maroko 1-1

Sebanyak 70 kilogram kokain cair tersebut ditaksir bernilai 2,8 juta Poundsterling di Inggris.

Load More