Stephanus Aranditio
Pemain Uruguay, Jose Gimenez

Bolatimes.com - Timnas Uruguay berhasil mengalahkan Timnas Mesir secara dramatis dengan skor tipis 1-0 pada matchday 1 Grup A Piala Dunia 2018, Jumat (15/6/2018) malam WIB. Gol Jose Gimenez di menit pamungkas waktu normal mengamankan raihan poin penuh bagi La Celeste - julukan Uruguay.

Pelatih Mesir Hector Cuper sama sekali tak memainkan bintang andalannya, Mohamed Salah, di laga ini. Meski telah pulih dari cedera bahunya, sang attacker sama sekali tak meninggalkan bangku cadangan, sebagaimana Cuper nampaknya tak mau berjudi dengan Mesir masih punya dua laga tersisa di Grup A melawan tuan rumah Rusia dan Arab Saudi.

Sementara itu, pelatih Uruguay Oscar Tabarez mengandalkan duet maut Luis Suarez dan Edinson Cavani untuk membongkar pertahanan Mesir.

Baca Juga:
Mesir Kesulitan Tembus Pertahanan Uruguay di Babak Pertama

Gol tunggal Uruguay sendiri dicetak centre-back Jose Gimenez di menit 90. Sundulan bek Atletico Madrid dari bagian tengah kotak 16 itu bersarang di sudut kanan atas gawang Mesir. Kredit patut ditujukan pada Carlos Sanchez, sang pemberi assist. Umpannya dari situasi bola mati memang sangat manis untuk disambut Gimenez menjadi gol.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Baca Juga:
Bek Uruguay Siapkan Strategi Matikan Mohamed Salah

10 menit awal laga, Uruguay sedikit lebih mendominasi dan lebih berani dalam menyerang. Cavani mendapat peluang pertama di laga ini. Bomber andalan Uruguay itu melepaskan tembakan datar dari luar kotak penalti di menit kedelapan, tetapi masih bisa diselamatkan dengan baik oleh kiper Mesir Mohamed El Shenawy.

Setelah itu, Mesir mulai bisa mengembangkan permainan, bahkan mengancam gawang Uruguay di menit 12. Namun percobaan Trezeguet lewat tembakan kaki kanannya dari bagian tengah kotak 16, memanfaatkan umpan Mohamed Elneny, masih bisa diselamatkan kiper Uruguay Fernando Muslera.

Suarez kemudian mendapat peluang emas untuk mencetak gol, tepatnya di menit 23, ketika sebuah sepak pojok mengarah padanya di tiang jauh. Sayang, sepakan first time bomber Barcelona itu masih melebar tipis dari gawang Mesir. Side netting, nyaris!

Baca Juga:
Pelatih Mesir Tak Mau Bereksperimen di Piala Dunia 2018

Tiga menit berselang, sepakan kaki kanan ujung tombak Mesir Marwan Mohsen masih bisa diamankan Muslera di sudut kiri bawah gawangnya.

Setengah jam laga berlangsung, Mesir seperti kurang greget tanpa kehadiran Salah di lapangan hijau. Sementara Luis Suarez tampil buruk di kubu Uruguay. Sang bintang seperti kurang berkonsentrasi dan kerap kehilangan bola.

Di 15 menit sisa babak pertama menuju half-time, kedua tim saling jual beli serangan. Namun skor 0-0 masih tak berubah. Babak pertama usai dengan skor kacamata.  

Baca Juga:
Bintang Mesir Mohamed Salah Dipastikan Main Lawan Uruguay

Babak Kedua

Di babak kedua, Uruguay tampil lebih berani. Luis Suarez punya kesempatan emas di awal-awal babak kedua, saat ia berhadapan satu lawan satu dengan El Shenawi. Namun kiper Mesir tersebut sukses membendung tembakan sang striker dari jarak dekat. Uruguay masih gagal mencetak gol.

Setelah peluang emas Suarez di awal babak kedua tersebut, Uruguay kembali kesulitan menciptakan peluang. Sementara di sisi lain, pada menit ke-72, Mesir mengancam gawang Uruguay lewat tendangan keras Ahmed Fathi dari luar kotak penalti. Namun Muslera mampu mengamankan bola dengan cekatan.

Semenit berselang, Suarez kembali mendapatkan kesempatan berhadapan satu lawan satu dengan El Shenawi. Namun, penyerang berjuluk El Pistolero itu kembali gagal menaklukkan El Shenawi. Suarez yang kini telah berusia 31 tahun, benar-benar tampil melempem di laga ini.

El Shenawi kembali membuktikan ketangguhannya di menit ke-83. Sang kiper mampu membendung tendangan keras Cavani dari luar kotak penalti.

Di menit 88, Cavani melepaskan tembakan bebas dari luar kotak penalti. El Shenawi gagal menghalau bola namun bola hanya membentur tiang gawang!

Uruguay akhirnya mendapatkan gol pertama mereka, yang juga menjadi gol kemenangan, di menit ke-90. Jose Gimenez mampu menyundul bola memanfaatkan tendangan bebas Carlos Sanchez. Tujuh menit waktu tambahan diberikan wasit di akhir babak kedua, namun skor 1-0 untuk kemenangan Uruguay tetap bertahan hingga laga rampung.

Susunan pemain:

Mesir XI: Elshenawy, Fathy, Gabr, Hegazi, Abdelahafy, Elneny, Hamed/Morsy, Warda/Ramadan Sobhi, Elsaid, Trezeguet, Moshen/Kahraba.

Uruguay XI: Muslera; Varela, Godin, Gimenez, Caceres; Nandez/Carlos Sanchez, Vecino/Torreira, Bentancur, De Arrascaeta/ C. Rodriguez; Cavani, Suarez.

Berita ini sudah ditayangkan di suara.com

Load More