Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Unai Emery (kiri) dan Pep Guardiola (kanan). (Sumber: Dok. Zimbio.com/The Irish Times)

Bolatimes.com - Unai Emery telah resmi menjadi pelatih baru Arsenal. Ia diikat kontrak selama empat musim dengan nilai berkisar enam juta poundsterling atau sekitar Rp 113,8 miliar per musim.

Kepastian Unai Emery sebagai pelatih baru Arsenal akan membuatnya bereuni kembali dengan Pep Guardiola. Seperti diketahui, keduanya sempat saling adu strategi di La Liga Spanyol. Tepatnya pada 2008 hingga 2012.

Saat itu, Unai menjadi pelatih Valencia dan Pep Guardiola sebagai nakhoda Barcelona.

Baca Juga:
Rafael Benitez Dukung Penuh Liverpool Juarai Liga Champions

Selama kurang lebih lima tahun, Unai dan Pep telah bersua sebanyak 10 kali. Namun menurut Transfermarkt, tak sekalipun kemenangan berpihak untuk Unai. Rinciannya, enam kemenangan untuk Pep dan sisanya berakhir imbang.

Unai Emery saat melatih Valencia. (Sumber: Dok. Sky Sports).

Baca Juga:
Fernando Rodriguez Ortega dan Gelombang Pemain Spanyol di Liga 1

Namun, perlu disadari pula kondisi tim yang diasuh Pep dan Unai berbeda. Saat itu, Pep disokong para pemain kelas dunia seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, dan Xavi Hernandez.

Sedangkan Unai, ia menangani tim dengan kualitas pemain yang berbeda, Valencia kala itu dihuni pemain seperti Juan Mata, Joaquin, dan Ever Banega yang memang bagus, tetapi masih di bawah para pemain Barcelona.

Bahkan, kemampuan Lionel Messi Cs juga teruji di Eropa saat berhasil meraih trofi Liga Champions pada 2008/2009 dan 2010/2011. Sebuah perbedaan mencolok kualitas pemain dari Valencia dan Barcelona.

Baca Juga:
Sah! Unai Emery Resmi Jadi Pelatih Baru Arsenal

Sumber: Dok. Zimbio.com

Bukti kualitas Unai Emery mulai terlihat pada 2013, saat ia kembali ke Spanyol untuk menangani Sevilla. Ia meracik Los Rojiblancos dengan materi pemain yang tak jauh berbeda akan tetapi mampu berprestasi.

Baca Juga:
Ini hal yang Harus Dilakukan Salah Jika Ingin Meraih Ballon d'Or

Dibintangi oleh Ivan Rakitic yang saat ini menjadi pemain Barcelona, Unai berhasil membawa Sevilla menjadi runner-up Copa del Rey pada 2015/2017. Ya, raihan itu bisa saja dibilang hal yang biasa karena belum menjuarai La Liga.

Namun, pada rentan waktu yang sama Unai membawa Sevilla berjaya di Eropa pada kompetisi Liga Eropa. Di sana Sevilla berhasil menjadi juara selama tiga musim berturut-turut. Kariernya yang gemilang membuat Unai direkrut PSG dan mempersembahkan banyak gelar, termasuk Liga Prancis.

Setelah jalan panjang atau enam tahun berpisah dengan Pep Guardiola, kini Unai Emery kembali datang. Dengan kondisi pemain yang nantinya bisa dibilang tak jauh berbeda, pertempuran antara Unai Emery bersama Arsenal dan Pep Guardiola dengan Manchester City-nya akan sangat menarik untuk dinantikan.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More