Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Kolase hari buruh

Bolatimes.com - May Day atau peringatan hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tak hanya di Indonesia, seluruh dunia pun turut memperingati.

Buruh menjadi salah satu profesi di dunia yang disebut paling melelahkan. Dulunya, para buruh dipaksa untuk bekerja hingga 16 jam sehari. Di beberapa tempat ada yang dipaksa bekerja hingga 19 jam sehari di pabrik-pabrik.

Namun, mereka tetap melakukannya demi bertahan hidup.

Baca Juga:
Video Keseruan Penggawa Barcelona Usai Raih Dua Titel Juara

Pekerjaan seorang buruh ternyata juga akrab bagi beberapa pemain sepak bola. Ada di antara mereka yang terlahir dari keluarga buruh dan saat dewasa ada pula yang menjadi buruh demi bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Melalui telurusan Bolatimes.com, setidaknya ada lima pemain sepak bola top dunia yang memiliki latar belakang buruh.

Berikut ulasannya:

Baca Juga:
Roberto Firmino Terima Gaji Tertinggi di Liverpool

1. Jamie Vardy

Nama Vardy mencuat kala ia berhasil membawa Liecester City juara Liga Inggris pada musim 2015/2016.

Baca Juga:
10 Selebrasi yang Berujung Kartu Merah, Ada yang Copot Celana

Namun, sebelum sukses bersama skuat The Foxes, ia sempat terpaksa harus bekerja menjadi buruh.

Pekerjaan buruh dilakukan saat masih bermain untuk Park Steels di Divisi Satu Selatan.

Ia saat itu cukup moncer dengan 66 gol dari 106 pertandingan. Tetapi, karena pendapatan yang tidak mencukupi, di sela-sela waktu bermain, Vardy bekerja sampingan.

Baca Juga:
AS Roma Butuh Keajaiban Kedua Hadapi Liverpool di Olimpico

Vardy hanya mendapatkan bayaran sebesar 30 poundsterling atau Rp 600 ribu per pertandingan. Karena itu, terpaksa dia harus "nyambi" menjadi buruh pabrik alat-alat penyangga patah tulang untuk menyambung hidup.

2. Luis Suarez

Penyerang Barcelona ini terlahir dari keluarga kurang mampu. Ia terlahir dari ayah yang bekerja di pabrik biskuit dan ibu mencari nafkah di terminal bus Tres Cuces.

Kehidupan Suarez semakin susah ketika orang tuanya memutuskan bercerai. Ia dengan enam saudaranya akhirnya hidup bersama sang ibu.

Suarez memulai karier sepak bola bersama Nacional de Montevideo dan akhirnya kini sukses bersama raksasa La Liga, Barcelona.

3. Cristiano Ronaldo

Publik saat ini telah melihat sosok Ronaldo yang begitu kaya dan hidup secara berkecukupan.

Mega bintang Real Madrid ini menjadi salah satu pemain paling sukses di Dunia. Ia telah memenangkan banyak trofi bersama klub seperti gelar La Liga dan Liga Champions.

Secara pribadi, pemain asal Portugal itu telah memenangkan gelar individu terbaik dunia, Ballon d'Or sebanyak lima kali.

Namun, siapa sangka latar belakang keluarga Ronaldo adalah seorang buruh. Sang ayah merupakan pekerja kebun dan sang ibu merupakan tukang masak.

Masa kecil Ronaldo pun disebut-sebut hidup dengan serba kekurangan.

4. Lionel Messi

Tak jauh berbeda dengan rival abadinya Ronaldo, Lionel Messi juga berasal dari keluarga buruh.

Ayah Messi seorang pekerja pabrik dan ibunya bekerja sebagai tukang kebersihan paruh waktu.

Messi kecil pun memiliki kisah yang memprihatinkan. Siapa yang menyangka pemain terbaik dunia saat ini itu sempat didiagnosa memiliki kekurangan hormon perkembangan.

Namun, pada 2012 ia mengikuti seleksi di La Masia dan kini kehidupan pemain berkebangsaan Argentina tersebut telah penuh dengan kemewahan.

Dari kisah keempat pemain tersebut menunjukan bahwa keterbatasan bukan menjadi sebuah penghalang. Mereka yang terlahir dari kekurangan dan sempat hidup akrab dengan latar belakang buruh kini telah membuktikan diri mampu menjadi orang sukses.

Selamat Hari Buruh Internasional!

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More