Tinwarotul Fatonah | Irwan Febri Rialdi
Andres Iniesta (LifeBogger)

Bolatimes.com - Andreas Iniesta resmi akan meninggalkan Barcelona pada akhir musim 2017-2018. Kabar tersebut ia sampaikan pada sesi konferensi pers di tempat latihan klub, Jumat (27/4/2018).

"Ini musim terakhir saya di sini. Saya ingin berterima kasih kepada teman-teman setim. Satu-satunya harapan saya adalah meraih kesuksesan di klub ini dan saya telah melakukannya," kata Iniesta, seperti dilansir Guardian.

"Masih ada hal-hal yang perlu diselesaikan. Saya pernah berkata tak akan pernah bermain melawan Barcelona. Jadi, saya tak akan bermain di Eropa," tuturnya menambahkan.

Baca Juga:
Derai Air Mata Warnai Perpisahan Andres Iniesta Dengan Barcelona

Gelandang asal Spanyol tersebut tergabung di Barcelona sejak masih junior dan menjadi pemain profesional pada 2001.

Ia telah memenangi delapan gelar La Liga bersama Barcelona, plus empat titel Liga Champions.

Namun, meski Iniesta terkenal dengan bergelimang trofi dan prestasi, sebenarnya ada lima hal dari Iniesta yang jarang diketahui oleh publik.

Baca Juga:
7 Hal Menarik Kekalahan Indonesia atas Bahrain

Dilansir dari laman resmi UEFA, berikut faktanya:

1. Iniesta merupakan pahlawan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2010. Gol tunggalnya di laga final membuat negeri Matador menjadi jawara even akbar tersebut.

Kendati demikian, ia hampir kehilangan Piala Dunia karena cedera. Namun, ia tetap mendapat kepercayaan dari pelatih Spanyol saat itu, Vicende Del Bosque.

Baca Juga:
Presiden Palermo: Sudah Waktunya Dybala Tinggalkan Juventus

2. Meskipun menjadi kapten klub Barcelona, ada cuplikan Iniesta muda secara malu mengaku ke kamera TV jika dirinya dibesarkan oleh penggemar Real Madrid.

3. Iniesta adalah pencinta sepak bola yang baik tetapi juga bermain film. Ia sempat memainkan peran di bawah sutradara Sevillian, Santi Amodeo pada film yang berjudul Quien mató a Bambi.

4. Klub pertama Iniesta di Spanyol bukanlah Barcelona, tetapi Albacete.

Baca Juga:
Tottenham Hotspur Cuci Gudang, Empat Pemain dilego

5. Iniesta disebut sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Namun, ia mengaku menyimpan kekaguman terhadap mantan rekan setimnya di Barcelona, Xavi Hernandez.

"Tidak ada kata-kata pujian yang cukup untuk Xavi. Saya tidak dapat menemukan pujian yang cukup tinggi untuk menjelaskan apa dia mewakili sebagai pemain dan orang," pujian Iniesta yang sempat terucap untuk Xavi.

Saat ini Iniesta dikabarkan tengah bernegosiasi dengan salah satu klub asal China, yakni Chongqing Dangdai Lifan. Gelandang 33 tahun itu berpeluang melanjutkan kariernya di klub kontestan Liga Super China tersebut.

 

Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi

Load More