Husna Rahmayunita
Timnas Voli Putra Indonesia Kejuaraan Voli Asia atau Asian's Mens Vollyball Championship 2023 yang berlangsung di Hall 2 Urmia, Iran, Sabtu (19/8/2023) (ANTARA/HO-Asian's Mens Vollyball Championship 2023)

Bolatimes.com - Ranking Timnas Voli Putra Indonesia usai kalahkan Kazakhstan pada pertandingan Grup C Kejuaraan Voli Asia atau Asian Men’s Volleyball Championship 2023. Kemenangan tersebut mengatrol ranking-nya di peringkat Dunia FIVB.

Perubahan ranking Timnas Voli Putra Indonesia di Peringkat Dunia ini tak terlepas dari hasil positif yang diraih setelah menumbangkan Kazakhstan dengan skor 3-1 (24-26, 25-19, 25-12, dan 25-21) di Shahidan Alhandoust Hall, Urmia, Minggu (20/8/2023).

Seusai pertandingan ini, Federasi Bola Voli Dunia (FIVB) merilis peringkat terbaru negara-negara termasuk dari Asia. Timnas Voli Putra Indonesia mendapatkan tambahan poin yang besar setelah menang atas Kazakhstan.

Baca Juga:
Rapor Pemain Indonesia di Malaysia: Saddil Ramdani Cetak Assist Apik, Klub Natanael Siringoringo Dibantai 10-0

Mereka sukses mendulang +6.66 poin. Dengan tambahan poin itu, Timnas Voli Putra Indonesia kini mengumpulkan total 48.34 poin dan naik ke peringkat 61. Artinya, tim Merah Putih melejit tujuh peringkat setelah kemenangan ini.

Menariknya, perubahan posisi ini sekaligus membawa Indonesia mengungguli pesaing terberatnya dari Asia Tenggara, Thailand. Sebab, saat ini Thailand berada satu level di bawah Indonesia, tepatnya peringkat ke-62.

Kesempatan Timnas Voli Putra Indonesia untuk terus ‘push rank’ atau meningkatkan peringkatnya masih terbuka lebar. Sebab, mereka kini lolos ke ke fase 12 besar Asian Men’s Volleyball Championship 2023.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Kritik Shin Tae-yong ke Wasit yang Anulir Gol Ramadhan Sananta

Sebab, saat ini Indonesia masih berada di puncak klasemen sementara Grup C dengan koleksi empat poin. Sementara itu, Kazakhstan berada di posisi terbawah dengan nol poin. Satu pesaing lainnya, China, berada di peringkat kedua dengan tiga poin karena menang 3-2 atas Indonesia.

Indonesia jelas memiliki peluang besar untuk melaju ke fase selanjutnya. Mereka masih harus menunggu hasil pertandingan antara China kontra Kazakhstan yang akan menentukan pemuncak klasemen akhir Grup C.

Asisten pelatih Timnas Voli Putra Indonesia, Erwin Rusni, memastikan bahwa timnya akan terus berbenah untuk menghadapi babak berikutnya.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Paling Menonjol di Fase Grup Piala AFF U-23 2023

"Alhamdulilah anak-anak bermain luar biasa di luar dugaan tim pelatih. Dio bermain bagus mengatur serangan di semua lini,” kata asisten pelatih Erwin Rusni, Senin (21/8/2023).

“Sementara anak-anak luar biasa di pertandingan ini walaupun kita juga masih terus harus berbenah untuk tim," imbuhnya.

Baca Juga:
Sebelum Menikah dengan Pratama Arhan, Ini 2 Pria yang Pernah Singgah di Hati Azizah Salsha

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More