Irwan Febri Rialdi
Timnas Turkmenistan. (Facebook/Turkmenistan National Football)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia dipastikan melawan Turkmenistan pada laga FIFA Matchday September 2023 yang rencananya bakal berlangsung 8 September mendatang.

Pertemuan kedua tim rencananya digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, venue yang juga digunakan saat melawan Palestina Juni lalu.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023) menyebutkan untuk FIFA Matchday September nanti Timnas Indonesia senior akan bertanding satu kali saja.

Baca Juga:
Update Peringkat Dunia Voli Putra dan Putri FIVB seusai Gelaran Volleyball Nations League 2023

Pasalnya, ada event lain yang melibatkan Timnas Indonesia U-23. keputusan ini diambil agar tidak bertabrakan pemakaian pemain dengan timnas senior.

Lantas, fakta buruk apa saja tentang Turkmenistan calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday mendatang?

1. Tidak Pernah Menang di 2023

Baca Juga:
3 Negara Penyumbang Pemain Asing Terbanyak di Liga 1 2023/24, Ada Pendatang Baru

Rapor Turkmenistan pada 2023 tidak bagus. Dari empat pertandingan, mereka sama sekali tidak meraih kemenangan.

Turkmenistan menelan kekalahan dari Malaysia, ditahan imbang Tajikistan, lalu kalah beruntun dari Uzbekistan dan Oman di CAFA Nations Cup 2023.

Rapor merah Turkmenistan ini bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan. Terlebih, Timnas Indonesia punya rekor bagus saat bermain di kandang selama ditangani Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Kasihan Banget, Pemain Asing Persib Bandung Kebingungan setelah Ditinggal Luis Milla

2. Tidak Lolos ke Piala Asia 2023

Turkmenistan gagal meloloskan diri ke Piala Asia 2023 setelah mereka berhasil tampil di putaran final Piala Asia 2019. Turkmenistan gagal bersaig di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pada kualifikasi ronde kedua, Turkmenistan cuma finis di peringkat ketiga klasemen Grup H sehingga harus berjuang di kualifikasi ronde ketiga.

Baca Juga:
Pahlawan Kemenangan Persita atas Persija Berharap Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Sayangnya di Ronde Ketiga, Turkmenistan yang tergabung di Grup E lagi-lagi cuma finis di peringkat ketiga sehingga gagal lolos ke Piala Asia 2023.

3. Peringkat FIFA Turun

Serangkaian hasil buruk yang didapatkan Turkmenistan di tahun 2023 pada akhirnya mempengaruhi peringkat FIFA mereka. Turkmenistan harus rela turun satu peringkat ke posisi 138.

Meski turun, peringkat dunia Turkmenistan masih lebih baik daripada Timnas Indonesia yang juga mengalami penurunan ke peringkat 150.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More