Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Putri Australia, Ellie Carpenter. (Instagram/@elliecarpenterr)

Bolatimes.com - Pesepak bola putri Ellie Carpenter jadi perhatian usai menampilkan lemparan jarak jauh  di Piala Dunia Wanita 2023 seperti yang dilakukan bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Ellie Carpenter merupakan pemain bertahan andalan Timnas Putri Australia di Piala Dunia Wanita 2023. Dia sempat melakukan aksi lemparan jauh seperti Pratama Arhan itu di kejuaraan ini.

Dalam beberapa momen, Ellie Carpenter melakukan aksinya tersebut bersama Timnas Putri Australia dan menarik perhatian kameramen siaran langsung pertandingan Piala Dunia Wanita 2023.

Baca Juga:
9 Pemain Timnas Indonesia U-23 Terancam Absen di Piala AFF U-23 2023, Mimpi Buruk STY?

Namun, yang membedakan dengan Pratama Arhan ialah Ellie hanya menggunakan jerseynya untuk mengelap bola saat hendak melakukan lemparan jarak jauh. Sedangkan Arhan biasanya menyiapkan handuk kecil di pinggir lapangan.

Aksi-aksi lemparan ini dapat disaksikan ketika Ellie Carpenter tampil pada laga antara Australia melawan Republik Irlandia. Lemparannya itu menjadi salah satu senjata timnya untuk menciptakan peluang.

Profil Ellie Carpenter

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Voli Putra Indonesia yang Raih Penghargaan di SEA V League 2023, Fahri Septian MVP

Ellie Carpenter merupakan pesepak bola asal Australia yang bermain di posisi bek. Dia tercatat lahir di New South Wales, Australia, pada 28 April 2000. Usia pemain ini memang masih muda, yakni 23 tahun.

Saat masih kecil, Ellie dibesarkan di Cowra, sebuah daerah yang letaknya 400 km di barat Kota Sydney. Dia harus menjalani perjalanan jauh untuk bisa bermain sepak bola di Young, Canberra, maupun Sydney.

Akhirnya, keluarganya memutuskan pindah ke Sydney saat Ellie berusia 12 tahun, sehingga dia bisa menimba ilmu di Westfields Sports High School untuk mengembangkan bakatnya bermain sepak bola.

Baca Juga:
Hati Netizen Ambyar Lihat Asnawi Mangkualam Pose Bareng Gadis Korea

Klub senior pertama yang menggunakan jasanya ialah Western Sydney Wanderers. Dia sudah bermain di sana sejak berusia 15 tahun. Setelah bermain selama dua musim, Ellie angkat kaki pada 2017.

Dia menuju klub W League, Canberra United, pada Agustus 2017. Bersama klub ini, bakatnya semakin terasah dan menjadi andalan utama. Kiprah itulah yang membawanya berkarier ke Amerika Serikat.

Saat itu, Portland Thorns tertarik untuk merekrutnya. Ellie Carpenter pun menjadi pemain termuda dalam sejarah NWSL saat mencatatkan debut bersama Portland Thorns pada 9 Mei 2018.

Baca Juga:
Dapat 'Hadiah' dari Pemain Indonesia, Pevoli Thailand Anurak Phanram Semringah

Ia sempat menjalani masa peminjaman bersama Melbourne City (2019-2020), sebelum akhirnya direkrut oleh klub raksasa Prancis, Lyon, pada 2020. Ellie sudah menjadi bagian dari Timnas Australia U-17 sejak berusia 14 tahun. 

Kini, dia menjadi tulang punggung Timnas Putri Australia setelah mencatatkan debutnya pada 2016.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More