Rauhanda Riyantama
Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Greysia Polii (kiri) berfoto dengan mantan pasangan bulu tangkis ganda putrinya Apriyani Rahayu (kanan) pada acara "Testimonial Day Greysia Polii" di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Bolatimes.com - Hari pertama Thailand Open 2023 bergulir pada Selasa (30/5/2023), turnamen yang memperebutkan hadiah utama 420 ribu dolar AS atau sekitar Rp6,2 miliar digelar sampai 4 Juni 2023.

Turnamen yang sejatinya tidak asing bagi atlet Indonesia, lebih dari 30 gelar juara Thailand Open berhasil direngkuh dari lima sektor berbeda.

Nama-nama tenar yang pernah jadi andalan Indonesia di berbagai sektor, beberapa di antaranya sudah menyandang status legenda bulu tangkis Tanah Air.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Gadis Cantik Kamboja Reth Malita Tiba di Indonesia, bakal Temui Ibunda Marselino Ferdinan

Beberapa di antaranya masih berjuang, tetap berada di jalur menuju puncak tertinggi turnamen dan mencoba mengulang sejarah untuk kembali juara.

Lantas siapa saja atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah merengkuh gelar juara di Thailand Open? berikut ini di antaranya.

1. Sony Dwi Kuncoro

Baca Juga:
Viral, Pemain Inter Milan Tirukan Joget Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan

Kali terakhir gelar juara Thailand Open diraih pada 2012 lalu, saat di mana pebulu tangkis tunggal putra Indonesia ini baru merintis karier internasional.

Menjadi sebuah kejutan saat Sony sukses merengkuh gelar juara ini, bahkan mengalahkan wakil China di final, Chen Yue Kun dengan skor akhir 21-17, 21-14.

2. Susy Susanti

Baca Juga:
Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Erick Thohir, Jose Mourinho Malah Didoakan Netizen Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Susy Susanti menjadi tunggal putri pertama dan terakhir Indonesia yang sukses meraih gelar juara Thailand Open dan berhasil mengoleksi 4 gelar.

Menariknya empat gelar tersebut diraih secara beruntun, medio 1991-1994, sejak saat itu belum ada lagi tunggal putri Indonesia yang berhasil mengikuti jejak Susy.

3. Berry Angriawan/Hardianto

Baca Juga:
Permintaan Argentina untuk Agenda Selama di Indonesia Dirahasiakan demi Keamanan, Netizen: Tas Istri Pejabat Saja Tahu

Ganda putra Indonesia kali terakhir merengkuh gelar juara Thailand Open pada 2017, lewat pasangan Berry Angriawan/Hardianto.

Berstatus sebagai unggulan kelima, Berry/Hardianto mengalahkan wakil Jerman, Raphael Beck/Peter Kaesbauer dengan skor 21-16, 21-16.

4. Greysia Polii/Apriyani Rahayu

Pasangan legendaris ganda putri Indonesia peraih medali emas Olimpiade, pada 2020 lalu Greysia/Apriyani sukses menyabet gelar juara Thailand Open.

Di partai final turnamen, Greysia/Apriyani berhasil mengalahkan wakil tuan rumah, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dengan skor 21-15, 21-12.

5. Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja

Ganda campuran terakhir Indonesia yang pernah menyabet gelar juara di Thailand Open, diraih pada edisi 2018 saat melawan wakil Inggris.

Chris Adcock/Gabrielle Adcock sukses dihempaskan Hafiz/Gloria lewat dua gim langsung dengan skor akhir 21-12, 21-12.

Kontributor: Eko
Load More