Irwan Febri Rialdi
Klub voli Jepang, Suntory Sunbirds. (Instagram/@sunbirds_official)

Bolatimes.com - Jakarta Bhayangkara Presisi bakal menghadapi wakil dari Jepang, Suntory Sunbird, pada laga final AVC Cup 2023 di Manama, Bahrain.

Laga final AVC Cup 2023 antara Jakarta Bhayangkara Presisi dan Suntory Sunbird akan dilangsungkan pada Minggu malam (21/5/2023) mulai pukul 23.00 WIB.

Tiket final AVC Cup 2023 sendiri didapat Jakarta Bhayangkara Presisi setelah mereka tampil ciamik pada laga semifinal menghadapi Police Sports.

Baca Juga:
Thailand Mendadak Posting Foto Piala AFF 2022, Belum Legowo Kalah dari Timnas Indonesia di SEA Games 2023?

Suntory Sunbirds sendiri melaju ke laga final usai menundukkan perlawanan wakil Iran Shahdab Yazd 3-1 (25-22, 23-25, 34-32, 25-17).

Sebelumnya, Bhayangkara Presisi dan Suntory Sunbird telah berjumpa dalam laga terakhir delapan besar pul E AVC Cup 2023 di mana saat itu Suntory Sunbirds tampil perkasa dengan kemenangan 3-0.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Suntory Sunbirds ini?

Baca Juga:
Jadwal Final AVC Cup 2023: Jakarta Bhayangkara Presisi vs Suntory Sunbirds

Profil Suntory Sunbirds

Suntory Sunbirds merupakan tim bola voli asal Jepang yang berbasis di Kota Osaka. Klub ini pertama kali dibentuk pada 1973 yang dimiliki oleh perusahaan besar Jepang, Suntory.

Meski terbentuk jauh sebelum Jepang memiliki liga bola voli yang profesional dan terstruktur rapi, Suntory Sunbirds punya sepak terjang yang cemerlang.

Baca Juga:
Terciduk, Gadis Cantik Kamboja yang Viral di SEA Games 2023 Mulai Follow Akun Instagram Marselino Ferdinan

Ini dibuktikan dengan keberhasilan Suntory Sunbirds meraih gelar V. League 1 atau Liga Voli Jepang kasta tertinggi edisi pertama pada 1994.

Secara keseluruhan, Suntory Sunbirds mengoleksi 9 gelar juara V. League 1 dan lima kali menjadi runner-up. Terbaru, mereka menjadi runner-up V.League 1 2022/23.

Selain gelar itu, Suntory Sunbirds juga mengoleksi 6 gelar juara Kurowashiki All Japan Volleyball Championship dan sekali menjuarai Emperors Cup.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023: Argentina Sikat Uzbekistan, Fiji Dibantai Slovakia 0-4

Sementara di ajang Asian Men’s Club Volleyball Championship atau AVC Cup, prestasi terbaik Suntory Sunbirds adalah dua kali menjadi runner-up dan sekali menempati peringkat ketiga.

Load More