Husna Rahmayunita
Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi berpose usai upacara pemberian medali emas di SEA Games 2023 Kamboja, di Stadion Nasional Morodok Techo, Minggu (14/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Bolatimes.com - Kontigen Indonesia merebut tempat ketiga klasemen medali SEA Games 2023, menggeser tuan rumah Kamboja yang turun ke peringkat keempat.

Indonesia berhasil mengoleksi 69 emas hingga hingga Minggu (14/5) malam pukul 21.30 WIB. Ini sekaligus mewujudkan target yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Medali emas ke-69 Indonesia diraih oleh perenang Janis Rosalita Suprianto di cabang olahraga fin swimming putri 200 m Surface.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Bungkam Filipina, Timnas Voli Putri Indonesia Sabet Medali Perunggu Lagi

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim bersyukur dan lega dengan hasil sementara ini. Namun, dia meminta kepada atlet yang masih bertanding untuk tetap fokus menambah perolehan medali bagi Tim Indonesia.

"Kami bersyukur hari ini Tim Indonesia sudah memenuhi target Presiden Joko Widodo dengan mendulang 69 emas di SEA Games 2023 Kamboja. Alhamdulillah ini sudah melampaui perolehan emas SEA Games 2021 Vietnam ditambah dengan sisa dua hari dan final dari beberapa cabor," ujar Lexy dalam keterangan resmi.

"Kepercayaan diri kita semakin meningkat dengan nafas yang lebih lega. Mari fokus tuntaskan SEA Games 2023 Kamboja ini dengan memenangkan medali lebih banyak lagi," sambungnya.

Baca Juga:
3 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Diprediksi Cetak Gol ke Gawang Thailand

Lebih lanjut, Lexy menambahkan, jumlah 69 emas itu hanya angka. Dia mengapresiasi perjuangan atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang mereka raih.

"69 bukan soal angka, tapi itu bukti keseriusan seluruh tim dan atlet untuk mengharumkan nama bangsa," ujarnya.

Tim Indonesia saat ini menduduki posisi ketiga klasemen sementara perolehan medali dengan raihan 69 emas, 6i perak, dan 80 perunggu.

Baca Juga:
Rekor Pertemuan Timnas Indonesia vs Thailand di SEA Games, Gajah Perang Superior

Sedangkan, Thailand berada di urutan kedua dengan koleksi 90 emas, 64 perak, dan 86 perunggu. Adapun peringkat puncak masih digenggam oleh Vietnam bercokol dengan perolehan 99 emas, 86 perak, dan 94 perunggu, dikutip dari Antara.

Berikut klasemen medali emas SEA Games 2023 dilihat dari @seagamescambodia2023.

Baca Juga:
Timnya Kalah Dramatis, Media Vietnam Akui Timnas Indonesia U-22 Pantas Lolos ke Final SEA Games 2023

Load More