Rauhanda Riyantama
Ganda putra Indonesia Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. (ANTARA/HO-PP PBSI)

Bolatimes.com - Timnas bulu tangkis Indonesia lakoni latihan perdana pada Piala Sudirman 2023 jelang lawan Kanda pada laga perdana di Suzhou Olympic Sports Centre, China, Jumat (12/5/2023).

Jelang kejuaraan beregu campuran itu, sebanyak 11 putra dan sembilan putri berlatih selama 150 menit dengan didampingi pelatih masing-masing.

"Meski durasinya pendek, latihan ini tetap berguna. Pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan. Latihan ini pun bisa untuk mengembalikan kondisi pemain," sebut pelatih tunggal putra Irwansyah lewat keterangan tertulis PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Baca Juga:
Media Vietnam Beberkan 3 Keunggulan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023

Dengan durasi tersebut, masing-masing sektor hanya mendapat porsi latihan selama 30 menit. Kendati pendek, seluruh pemain begitu antusias dan semangat.

Sementara itu, Manajer Tim Armand Darmadji menuturkan bahwa latihan itu dimanfaatkan atlet untuk membaca kondisi lapangan, arah angin, dan lampu. Selain itu, juga untuk mengembalikan feeling pukulan setelah kemarin pemain menjalani perjalanan panjang dari Jakarta menuju Suzhou.

Sektor ganda putra berlatih gim 3vs3. Fajar Alfian, Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Daniel Marthin berlatih melawan Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon, dan Leo Rolly Carnando. Setelah itu dilanjutkan dengan program latihan dua lawan dua dengan pasangan aslinya.

Baca Juga:
Keisuke Honda Mengaku Tertarik Jadi Pelatih Satu Negara ASEAN usai Cabut dari Kamboja, Timnas Indonesia?

"Latihan ini hanya untuk mengembalikan kebugaran pemain. Otot-ototnya bisa lebih rileks untuk menerima latihan berikutnya. Maklum kemarin kita dari Jakarta sampai Shanghai dan lanjut ke Suzhou hanya duduk di pesawat," Herry menjelaskan.

Sedangkan pada sektor tunggal putra, Jonatan Christie berlatih gim dengan kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting. Hal serupa di tunggal putri ketika Gregoria Mariska Tunjung berlatih dengan Putri Kusuma Wardani.

Bahkan pada ganda campuran dilakukan latihan berformat 2vs4. Pasangan ganda campuran secara bergantian dikeroyok empat lawan sekaligus.

Baca Juga:
Jelang Duel, Ini Pemain Provokatif Vietnam yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-22

Sementara di ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berlatih menghadapi Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

"Saya lihat teman-teman begitu bersemangat berlatih hari ini. Latihan ini memang untuk menjaga kondisi saja. Dalam latihan dan keseharian, kita selalu kompak, termasuk saat latihan ini," sebut Fajar, demikian dilansir dari Antara.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam di Semifinal SEA Games 2023 Sore Ini

Load More