Husna Rahmayunita
Timnas Voli Putra Indonesia saat lawan Filipina di SEA Games 2023 Kamboja. (Antara)

Bolatimes.com - Timnas Voli Putra Indonesia dipastikan menghadapi Vietnam di partai semifinal SEA Games 2023. Ada sejumlah alasan yang membuat tim Merah Putih berpeluang besar untuk memenangkan laga ini.

Menurut jadwal, duel antara Timnas Voli Indonesia melawan Vietnam di semifinal SEA Games 2023 akan berlangsung di Olympic Indoor Stadium, Phnom Penh, Minggu (7/5/2023) pukul 17.00 WIB.

Keberhasilan Timnas Voli Indonesia melenggang ke fase semifinal ini tak terlepas dari performa impresif yang ditampilkan saat menghadapi tuan rumah Kamboja pada laga terakhir Grup A.

Baca Juga:
Profil Hongyen Thakam, Rival Black Steel FC di Final AFF Futsal Club Championship 2023

Skuad Merah Putih yang menurunkan formasi terbaiknya, Hendra Kurniawan, Fahri Septian, Rivan Nurmulki, Doni Haryono berikut sang setter Dio Zulfikri dan libero Henry Ade, sukses menang telak dengan skor 3-0 (25-18, 25-21, 25-16).

Setidaknya, Timnas Voli Indonesia masih memiliki banyak hal positif lainnya yang bisa dimaksimalkan untuk menghadapi Vietnam di semifinal.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat Timnas Voli Indonesia bisa menumbangkan Vietnam di fase semifinal SEA Games 2023.

Baca Juga:
Dalih Pelatih Malaysia usai Takluk dari Thailand di SEA Games 2023, Alasan Cuaca?

1. Indonesia Tampil Istimewa

Selama fase penyisihan Grup A cabor bola voli putra SEA Games 2023, Indonesia memang terhitung tampil istimewa saat melibas lawan-lawannya.

Tercatat, Timnas Voli Indonesia belum pernah terkalahkan. Bakal, skuad Merah Putih sukses membuat seluruh musuhnya terkapar, yakni Kamboja, Singapura, dan Filipina.

Baca Juga:
Demi Usung Misi Balas Dendam Ke Timnas Indonesia, Kapten Malaysia Berhasrat Bisa Menang Lawan Vietnam

Catatan positif inilah yang membuat Rivan Nurmulki dan kawan-kawan memiliki modal berharga untuk bisa menggulung Vietnam di semifinal SEA Games 2023.

2. Dua Pemain Senior Mulai Gacor

Asisten pelatih Timnas Voli Indonesia, Erwin Rusni, mengakui apabila anak asuhnya sudah memperlihatkan perkembangan performa di fase penyisihan.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Perkasa, Tim Balap Sepeda Indonesia Borong Tiga Emas

Dia juga menyebutkan bahwa dua pemain seniornya sudah mulai menemukan ritme permainan yang terbaik. Dua pemain senior yang dimaksud ialah Rivan Nurmulki dan Doni Haryono.

"Kunci kemenangan kita main agresif, tidak menganggap enteng lawan, dan mengurangi kesalahan sendiri terutama servis dan bola pertama," ujar Erwin Rusni.

"Alhamdulillah para pemain senior terutama Rivan dan Doni sudah mulai menemukan ritme permainan yang baik. Mudah-mudahan di semifinal ketemu Vietnam bisa bermain seperti tadi.”

3. Status Juara Bertahan

Selama dua edisi terakhir, Timnas Voli Indonesia memang sudah memperlihatkan dominasinya pada cabang voli putra SEA Games, yakni untuk tahun 2019 dan 2021.

Dari dua edisi yang berbeda itu, Timnas Voli Indonesia sukses meraih medali emas. Edisi 2019 sukses menumbangkan Filipina, sedangkan edisi berikutnya menggasak Vietnam di partai final.

Dua medali emas itu memang sejauh ini membuat tim Merah Putih memperlihatkan dominasinya di Asia Tenggara, khususnya ajang SEA Games.

Sebab, sudah ada 11 medali emas yang diraih Timnas Voli Indonesia untuk memuncaki daftar perolehan medali cabor voli putra dalam sejara SEA Games.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More