Rauhanda Riyantama
Pemain timnas basket Indonesia Derrick Michael Xzavierro (kanan) berselebrasi bersama Marques Bolden seusai mencetak poin melawan Yordania dalam lanjutan Grup A Piala FIBA Asia 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/HO-FIBA Asia)

Bolatimes.com - Tidak ada nama Derrick Michael Xzavierro dan Marques Bolden dalam roster yang dirilis Perbasi untuk memperkuat Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Pelatih Milos Pejic mencoret empat dari 15 pemain yang berangkat menjalani TC di Australia bulan lalu. Mereka, yakni Yesaya Saudale (Pelita Jaya Bakrie), Kelvin Sanjaya, Sandy Ibrahim Aziz (Satria Muda Pertamina), dan Althof Satrio (RANS PIK Basketball).

Eks pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta itu lantas memasukkan nama Brandon Jawato untuk melengkapi roster berisi 12 pemain.

Baca Juga:
Borneo FC Datangkan Pemain Liga 2 Jebolan FC Bekasi City, Ini Sosoknya

Salah satu yang kembali membela timnas setelah beberapa tahun absen karena cedera adalah Kaleb Ramot Gemilang. Kaleb mampu menembus persaingan ketat dengan kematangan dan ketenangannya.

Selain Kaleb, total ada empat pemain naturalisasi yang dibawa oleh Milos Pejic ke skuad Timnas Basket Indonesia. Mereka adalah Jawato, Lester Prosper, Dame Diagne, dan Anthony Beane Jr.

Kendati begitu, tidak ada nama Derrick Michael dan Marques Bolden di dalam skuad ini. Keduanya padahal merupakan pemain yang berjasa membawa Timnas Basket Indonesia meraih medali emas SEA Games 2021.

Baca Juga:
5 Kiper Timnas Filipina yang Main di Luar Negeri, Satu di Indonesia

Adapun, alasan Derrick Michael absen di SEA Games 2023 adalah ia masih menjalani pemulihan usai operasi paru-paru. 

Derrick diketahui mengalami kebocoran pada paru-parunya. Dia merasakan sakit tersebut pada tahun lalu, saat berada di asrama klubnya Grand Canyon University, Amerika Serikat. 

Sementara Marques Bolden musim ini sering berurusan dengan cedera sehingga kondisinya tidak prima. Itu pula yang membuatnya jarang mendapat menit bermain di tim NBA G-League, Salt Lake City Stars.

Baca Juga:
Macan Kemayoran Runner Up BRI Liga 1, Presiden Persija Jakarta Akui Puas dengan Kinerja Thomas Doll

Meski tidak ada Derrick dan Bolden, skuad Timnas Basket Indonesia diharapkan tetap bisa bersaing terutama hadirnya empat pemain naturalisasi.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More