Arif Budi Setyanto
Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen. (Badminton Photo)

Bolatimes.com - Tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen merespons kejadian kontroversial di final Hylo Open 2022 menghadapi Anthony Ginting pada Minggu (6/11/2022).

Chou Tien Chen kalah dramatis dari Ginting di final Hylo Open 2022. Pebulu tangkis asal Taiwan itu tumbang lewat rubber game dengan skor 21-18, 11-21, dan 22-24.

Akan tetapi, kekalahan Chou Tien Chen dari Ginting mendapatkan sorotan banyak publik. Sebab, pebulu tangkis berusia 32 tahun ini dianggap dicurangi keputusan wasit.

Baca Juga:
Puasa Hampir 26 Tahun Lamanya, Brunei Darussalam Berpeluang Bisa Tampil di Piala AFF 2022 dan Susul Timnas Indonesia

Momen ini terjadi ketika set ketika dengan skor 22-22. Pada momen krusial itu, Chou Tien Chen dianggap melakukan pelanggaran.

Ia pun melakukan protes keras terhadap wasit karena menilai bola belum menyentuh lantai serta ia berhasil mengembalikannya ke Ginting. Di sisi lain, wasit tak bergeming dengan keputusannya.

Kontroversi ini pun menguntungkan bagi Ginting yang akhirnya menyentuh match poin. Alhasil, ganda putra Indonesia ini bisa meraih gelar juara Hylo Open 2022.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Berpotensi Gagal Dapatkan Keuntungan Usai Lihat Hasil Play Off Piala AFF 2022

Nah, setelah pertandingan selesai Chou Tien Chen akhirnya buka suara. Ia mengaku sudah baikan dengan wasit dan terlihat foto bersama Ginting karena mengakui kekalahannya.

Akan tetapi, Chou Tien Chen menegaskan tidak mau situasi seperti ini terulang lagi. Maka dari itu, ia bersuara.

Respons Chou Tien Chen yang dianggap dirugikan wasit ketika hadapi Anthony Ginting. (Instagram/taiwan_hero.sportfans)

"Saya tahu saya tidak bisa mengubah situasi, tapi saya ingin membantu mengubah aturan ini dalam olahraga kami untuk menghindari situasi seperti ini di masa depan," ucap Chou Tien Cen dikutip dari unggahan akun Instagram taiwan_hero.sportfans.

Baca Juga:
Dilabeli Wonderkid, 4 Pemain Timnas Indonesia Ini Performanya Justru Inkonsisten

Sementara itu, kasus kontroversial pebulu tangkis Taiwan ini disebutkan akan diinvestigasi oleh pihak BWF. Mereka bersedia memberikan klarifikasi situasi itu secara adil untuk semua pihak.

Load More