Irwan Febri Rialdi
Timnas futsal Indonesia saat berlaga di Piala Futsal AFF 2022 di Bangkok, Thailand. (ANTARA/HO/AFF-FAT)

Bolatimes.com - Timnas futsal Indonesia bertekad untuk mengalahkanThailand pada laga Rabu (18/5) demi meraih medali emas futsal putra SEA Games 2021.

Apabila mampu terwujud, tentu ini akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad "Garuda".

"Kami fokus ke pertandingan besok dan berusaha untuk hasil maksimal," ujar asisten pelatih tim nasional futsal Indonesia Sayan Karmadi ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Selasa.

Baca Juga:
Ada Perubahan, Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Timnas futsal Indonesia, Sayan melanjutkan, secara umum sudah mengetahui kekuatan Thailand lantaran baru bersua di Piala AFF 2022 pada April 2022.

Di AFF itu, Indonesia dan Thailand bermain imbang 2-2 pada fase grup. Kemudian, kedua tim bertemu kembali di final, di mana Thailand menang melalui adu penalti.

"Setiap pertandingan pasti berbeda. Tentu Thailand juga akan mengantisipasi kami. Namun, pemain kami sudah mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Semua pemain Thailand berbahaya dan kami tidak bisa fokus ke satu pemain saja," tutur Sayan.

Baca Juga:
Ungkap Hasil Medis Jordi Amat Dan Sandy Walsh, PSSI: Mereka Dalam Kondisi Fit

Timnas futsal Indonesia saat ini berada di posisi pertama klasemen futsal putra SEA Games 2021, yang diisi lima tim, dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Kompetisi futsal ini dilangsungkan dengan format "round robin".

Andai mengalahkan Thailand, maka Indonesia akan memiliki 10 poin. Jumlah poin itu tidak akan terkejar oleh Thailand yang saat ini berada di peringkat kedua dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Yang berpotensi mengganggu potensi emas Indonesia kalau bisa mengandaskan Thailand adalah Vietnam yang kini bertengger di posisi ketiga dengan empat poin dari dua laga. Namun, Vietnam mesti memenangkan dua pertandingan terakhirnya kontra Myanmar dan Thailand supaya mengantongi medali emas.

Baca Juga:
Jelang Bentrok di Semifinal, Shin Tae-yong Akui Thailand Salah Satu Tim Terbaik di Asia Tenggara

Akan tetapi, bagi Indonesia, tentu sama sekali tidak mudah untuk menghantam skuad futsal Thailand yang dianggap sebagai tim futsal terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Tim "Gajah Perang" merupakan pemegang 16 gelar juara Piala Futsal AFF, termasuk Piala AFF 2022.

Selain itu, timnas futsal putra Thailand pun berstatus penguasa di SEA Games. Sejak futsal dipertandingkan di SEA Games pada tahun 2007, Thailand selalu mendapatkan medali emas, baik untuk sektor putra maupun putri.

Baca Juga:
Jelang Hadapi Thailand, Shin Tae-yong Beri Kabar Terbaru Soal Saddil Ramdani

Adapun timnas futsal putra Indonesia "hanya" bisa meraup tiga kali medali perunggu.

(Antara)

Load More